Kontribusi Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Sosial (Studi Kasus Santri Putri PONPES PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO KEDIRI)

ZIANATUL, KARIMAH (2022) Kontribusi Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Sosial (Studi Kasus Santri Putri PONPES PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO KEDIRI). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
1.SAMPUL SKRIPSI.fixupload.pdf

Download (605kB)
[img] Text
2.abstrak wm-fixupload.pdf

Download (173kB)
[img] Text
3.BAB 1&2.wmfixupload.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4.BAB 3 SKRIPSI.wmfixupload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
5.BAB 4 & 5 SKRIPSI.wmfixupload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6.akhirSKRIPSI.wm-fixupload.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7.suratmenyuratskripsi.fixupload.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KARIMAH, ZIANATUL. 2022: Kontribusi Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Sosial (Studi Kasus Santri Putri Ponpes Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo Kediri, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Tenika Illananingtyas, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren Betapa pentingnya pendidikan karakter pada masa sekarang ini. Pendidikan karakter adalah sebuah upaya menumbuhkan dan mngembangkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik, ini dilakukan agar mereka mengetahui, menginternalisasi, dan menerapkan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupannya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa program pembelajaran pada pondok pesantren khususnya dalam bidang pembinaan keimanan dan ketakwaan akan membentuk masyarakat dan bangsa Indonesia yang berkepribadian dan berbudi pekerti luhur. Disamping isi materi pembelajaran, metodologi pembelajaran sangat mempengaruhi pembentukan watak dan karakter seseorang. Sebagai salah satu lembaga pendidikan islam, pesantren mempunyai tanggung jawab yang tidak kecil dalam membentuk karakter para santrinya. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Apa saja pendidikan karakter yang diterapkan dalam pondok pesantren? (2) Bagaimana praktek penerapan pendidikan karakter pada kegiatan sehari-hari? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naratif. Adapun pembahasannya bersifat deskriptif dan menjabar, disertai dengan temuan-temuan penelitian yang didapat dari tempat penelitian, yaitu Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo Kediri. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu (1) Macam-macam pendidikan karakter dalam pondok pesantren. Diantaranya adalah memberikan latihan tanggung jawab kepada santri, membuat tata tertib santri, memberikan hukuman atau sanksi, pengajian kitab, kegiatan ekstrakurikuler, dan organisasi. (2) Praktek penerapan pendidikan karakter pada pondok pesantren, yang menunjukkan hasil bahwa pendidikan karakter yang sudah diterapkan mampu membentuk karakter yang kuat bagi para santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ziana karimah
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:00
Last Modified: 08 Jun 2023 03:00
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item