Upaya Peternakan Ikan Lele Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Perspektif Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Marzuq, Akhmad Alwi (2023) Upaya Peternakan Ikan Lele Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Perspektif Marketing Mix (Bauran Pemasaran). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
SKRIPSI ALWI UPLOAD.docx

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI ALWI UPLOAD.docx
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Marketing mix (bauran pemasaran) adalah inti dari suatu sistem pemasaran suatu perusahaan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Variabel dari marketing mix (bauran pemasaran) adalah produk, harga, promosi dan distribusi. Dari uraian diatas maka penulis melakukan penelitian pada perusahaan Peternakan Ikan Lele Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Tujuan dari marketing mix (bauran pemasaran) untuk mencapai kesuksesan perusahaan dalam menarik minat beli konsumen. Dari uraian diatas, maka dapat ditentukan fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana strategi marketing (pemasaran) di Peternakan Ikan Lele Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri? dan (2) Bagaimana strategi marketing (pemasaran) di Peternakan Ikan Lele Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri perspektif marketing mix (bauran pemasaran)? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis untuk menjelaskan fenomena-fenomena secara proporsional untuk menggambarkan keadaan suatu obyek. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan kedalaman observasi serta triangulasi. Hasil penelitian fokus 1 adalah pemasaran jasa dan produk Perusahaan Peternakan Ikan Lele Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri dilaksanakan menggunakan strategi pemasaran (marketing strategy), membentuk tim perusahaan, menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), ancaman (threats) dalam suatu perusahaan bisnis, dan membuat rencana pemasaran (marketing plan). Hasil penelitian fokus 2 adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat yaitu strategi marketing mix (bauran pemasaran). Strategi marketing mix (bauran pemasaran) di Peternakan Ikan Lele Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri yaitu dengan: Strategi mengenalkan produk, dengan produk yang berkualitas dan harga bersahabat. Strategi harga diwujudkan dengan harga produk yang terjangkau, potongan harga bagi pelanggan tetap. Strategi informasi akses lokasi, yang menjelaskan mudahnya akses menuju perusahaan. Strategi promosi, digunakan untuk menginformasikan tentang keunggulan produk, lokasi dan biaya dengan dari mulut ke mulut, dan media social.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Akhmad Alwi Marzuq
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:28
Last Modified: 08 Jun 2023 02:28
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item