Badra, Devi Rosmi (2023) Implementasi Metode Al-Miftah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
HALAMAN JUDUL, dll.pdf Download (931kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (496kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB IV PAPARAN HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (250kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
Abstract
Kitab kuning ialah factor yang paling yang menjadi karakteristik pesantren, kitab kuning difungsikan oleh kalangan pesantren sebagai referensi yang kandungannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kenyataan bahwa kitab kuning yang ditulis sejak lama dan terus dipakai dari masa kemasa menunjukkan bahwa kitab kuning sudah teruji kebenarannya dalam sejarah yang panjang. Kitab kuning dipandang sebagai pemasok teori dan ajaran yang sudah sedemikian rupa dirumuskan oleh ulama-ulama. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui : 1) bagaimana implementasi metode almiftah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di pondok pesantren alishlah bandarkidul kota kediri, 2) bagaimana kelebihan dan kekurangan metode al miftah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri putri di pondok pesantren al-ishlah bandarkidul kota kediri. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa proses pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan análisis kualitatif yang meliputi reduksis data, display data dan verifikasi/menarik kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Implementasi Metode Al-Miftah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Putri Pondok Pesantren Al-Ishlah, mempunyai beberapa komponen yaitu : a) pelaksanaan metode al-miftah dilakukan pada hari jum’at, b) santri yang mengikuti metode al-miftah merupakan santri kelas 6 ibtida sampai kelas 4 tsanawiyah, c) menggunakan lagu yang familiar didengar santri untuk memudahkan dalam memahami materi. 2) Kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran metode al-miftah. Kelebihan dalam pembelajaran metode al-miftah : a) suasana belajar lebih hidup, b) dapat mengidentifikasi kalam, menentukan i’rab dan dapat membedakan kedudukan kalimat. Kekurangan dalam pembelajaran metode al-miftah : a) kejenuhan, b) kurangnya tenaga pendidik dan c) lebih menekankan kepada penguasaan lafadz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Devi Rosmi |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:06 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:06 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1006 |
Actions (login required)
View Item |