Implementasi budaya literasi santri di madrasah diniyyah Al-Asna pondok pesantren Mahir Arriyadl Ringinagung Keling Kepung Kediri

Ni'am, Muhammad Ahsanun (2023) Implementasi budaya literasi santri di madrasah diniyyah Al-Asna pondok pesantren Mahir Arriyadl Ringinagung Keling Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
2. pernyataan keaslian karya.pdf

Download (512kB)
[img] Text
3. persetujuan pembimbing.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. pengesahan tim penguji.pdf

Download (439kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (674kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (389kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf

Download (177kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta lapangan yang menunjukan bahwa adanya dampak dari kemajuan teknologi dan informasi pada kegiatan budaya Literasi yang menjadi kegiatan pokok dan modal pembelajaran santri yang ada di Madrasah Diniyyah Al Asna, salah satu dampak negatif yang ada yaitu malasnya santri kalangan pondok pesantren untuk membaca terlebih lagi menulis, padahal kegiatan membaca ataupun menulis yang notabene adalah salah satu ciri khas pondok pesantren dari dahulu. Adapun dampak positifnya yaitu mudahnya bagi kalangan pondok pesantren untuk mencari sumber belajar atau literatur-literatur keislaman yang dibutuhkan dengan mengakses internet secara mudah dan murah. Melihat kondisi yang seperti ini penulis akan memaparkan bagaimana kegiatan Implementasi budaya literasi yang ada di madrasah Diniyyah Al-asna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara jelas dan rinci mengenai fenomena di lapangan tentang: 1) implementasi Budaya literasi yang ada di madrasah Al-Asna. 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat budaya literasi di madrasah Al-Asna. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan diskriptif kualitatif, artinya penelitian yang berupaya mendeskripsi dan menginterpretasi kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses yang sedang berlangsung, akibat yang sedang terjadi atau kecenderungan yang tengah berkembang. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu : (1) dalam pelaksanaannya, literasi yang ada di madrasah Al-asna dapat di klasifikasikan ke dalam 2 pembagian yaitu literasi yang terjadi di dalam kelas atau literasi dalam arti sempit yaitu kemampuan membaca dan menulis, dan literasi di luar kelas dalam arti literasi secara luas yaitu sebagai kemampuan untuk berpikir dan belajar seumur hidup untuk bertahan dalam lingkungan sosial dan budaya. (2) adapun faktor pendukung dalam literasi yaitu Motivasi dan dukungan dari orang tua,Tenaga pendidik yang professional, Sarana prasarana yang lengkap, Adanya kegiatan ekstrakurikuler. Dan faktor penghambat literasi yaitu Waktu yang tidak memadahi, Rendahnya kesadaran dari siswa, Minimnya buku bacaan, Kurang fokusnya tenaga pengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MUHAMMAD AHSANUN NI'AM
Date Deposited: 10 Apr 2023 09:01
Last Modified: 10 Apr 2023 09:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item