Main Article Content

Abstract

Background: Lembaga pendidikan Islam yang dikelola oleh sekelompok masyarakat, selalu saja membutuhkan kerjasama dan campurtangan pihak lain sebagai penyangga utama. Pengabdian ini bertujuan untuk menertibkan pelaksanaan protokol kesehatan di Lingkungan Pesantren Lirboyo di masa pandemi COVID-19. Metode: pendekatan yang digunakan adalah Asset Based Community Development. Pendekatan ini menekankan pada inventarisasi aset yang terdapat di dalam kelompok masyarakat yang dipandang mendukung pada kegiatan pemberdayaan masyarakat. Hasil: Pemberian edukasi secara langsung telah berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman santri mengenai pentingngnya menerpkan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19.  Kesimpulan: Kesadaran akan pentingnya kesehatan dalam lingkungan pondok pesantren Lirboyo sudah terlaksana dengan baik.

Keywords

COVID-19 Lembaga Pendidikan Islam Maqashid Al-Syariah Penguatan Strengthening Islamic Educational Institutions COVID-19 Maqashid Al-Syariah

Article Details

How to Cite
Qomarul Huda, M., Abdul Mujib, & Mubaidi Sulaeman. (2022). Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri. Jurnal SOLMA, 11(2), 337–346. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.8111

References

  1. Al Jumhuri, M. A. (2021). Efektivitas Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Narmada. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(01), 34–58.
  2. Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259–278.
  3. Anwar, Ali. (2011) Pembaruan Pendidikan Di Pesantren Lirboyo Kediri. IAIT Press.
  4. Auda, Jasser. "Maqí¢shid Al-Syarí® ‘ah Dalí®l Li al-Mubtadií®n.” Cet. Ke-1. Washington: Ma ‘had al-‘í‚lamí® Li al-Fikr al-Islí¢mí®, 2011.
  5. Baharun, Hasan. (2017) "Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren.” Ulumuna 21, no. 1 (June 30,): 57–80. https://doi.org/10.20414/ujis.v21i1.1167.
  6. Bruinessen, Martin Van. Kitab kuning: pesantren dan tarekat. Bandung: Mizan, 1995.
  7. Chudzaifah, I., & Hikmah, A. N. (2021). Pembelajaran Pesantren Berbasis Luar Jaringan (Luring) Selama Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 134–143.
  8. Djalaluddin, Muhammad Mawardi. (2015). "Pemikiran Abu Ishaq Al-Syatibi Dalam Kitab Al-Muwafaqat” 4, no. 2: 12.
  9. Faisal, Sanapiah. (1998) Filosofi Dan Akar Tradisi Penelitian Kualitatif. Surabaya: BMPTSI.
  10. Ibrahim, R. (2016). Pesantren Dan Pengabdian Masyarakat (Studi Kasus Pondok Pesantren Dawar Boyolali). Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 16(1), 89–108.
  11. Karni, Asrori S. (2009) Etos Studi Kaum Santri: Wajah Baru Pendidikan Islam. Cet. 1. Ujungberung, Bandung: Mizan Pustaka : Didistribusikan oleh Mizan Media Utama.
  12. Kemenkes, TIM. (2020) Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Vol. 3. Jakarta Selatan: Kementerian Kesehatan RI,.
  13. Lofland, John, and John Lofland, eds. (2006) Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis. 4th ed. Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
  14. Madjid, Nurcholis. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Paramadina, 1997.
  15. Mawardi, Ahmad Imam. (2010) Fiqh Minoritas; Fiqh Al-Aqalliyyí¢t Dan Evolusi Maqí¢shid al-Syarí® ‘ah Dari Konsep Ke Pendekatan. Lkis pelangi aksara.
  16. Meleong, Lexy J. (1989) Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  17. Nadeem, Said. "Coronavirus COVID-19: Available Free Literature Provided by Various Companies, Journals and Organizations around the World,” March 21, 2020. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3722904.
  18. Quinn Patton, (2006) Michael. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  19. Riyanti, C., & Raharjo, S. T. (2021). Asset Based Community Development Dalam Program Corporate Social Responsibility (Csr). Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 112–126.
  20. Sanggel, A. I. I. (2018). Inovasi sosial masyarakat dalam pendekatan assetbased community development di kampung lawas maspati kec. Bubutan kota surabaya [PhD Thesis]. Universitas Airlangga.
  21. Sulaeman, M. (2016). Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Muhammad Fethulah Gulen. Didaktika Religia, 4(2), 61–86.
  22. Sulaeman, M. (2021). Maqasid Al Syari'ah; Cara Islam Menghadapi Pandemi Covid 19. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(2), 263–282.
  23. Syarif, Z., Mughni, S. A., & Hannan, A. (2021). Responses Of Pesantrens In Madura Towards The Covid-19 Pandemic. Journal Of Indonesian Islam, 15(1), 47–74.