ANALISIS 4 POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DAN RELEVANSINYA PADA MASA PANDEMI COVID 19 (NEW NORMAL)

hijri, akaml (2023) ANALISIS 4 POKOK KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DAN RELEVANSINYA PADA MASA PANDEMI COVID 19 (NEW NORMAL). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
skripsi wisuda jadi WATERMARK-1 COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
PENEGSHAN_merged.pdf

Download (758kB)
[img] Text
KE ASLIAN.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (866kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (610kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (843kB)

Abstract

Pendidikan di era Nadiem Makarim kemdendikbud merumuskan selogan merdeka belajar yang didalamnya terdapat berbagai macam kebijakan baru yang salah satu yang paling di sorot adalah 4 pokok kebijakan merdeka belajar, yakni penghapusan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Bersetandar Nasional yang tertera dalam di dalam SE Mendikbud Nomor 1 tahun 2021, penyederhanaan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran di dalam Surat Ederan Nomor 14 Tahun 2019 dan SE No. 3 2019 Tentang PPDB Zonasi yang mana semua itu tertera pada Situs wabsite Resmi Kemendikbud. Tahun pertama kepemimpinanya dihadapi dengan pandemi covid 19 yang membuat masyarakat harus menjalani normal baru (New Normal) Dari uraian diatas, maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana Analisis 4 pokok Kebijakan Merdeka Belajar ? (2) Bagaimana Relevansinya 4 pokok kebijakan merdeka belajar pada masa pandemi covid 19 (New Normal) ? dengan rumusan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan kecocokan 4 pokok kebijakan merdeka belajar yang sudah dirancang sedemikian rupa namun dihadapkannya dengan situasi pandemi covid 19 (New Normal) yang membatasi mobilitas masyarakat teruatama dalam pendidikan dengan menggunakan jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam peneelitian ini dilakukan dengan menggali sumber dari website resmi kemendikbud serta dibantu dengan beberapa sumber pendukung dari buku, jurnal, majalah atau koran.. Hasil Penelitian ini menganalisis bahwa 4 pokok kebijakan merdeka belajar berlandasan aliran filsafat humanism dan konstruktivisme, progresivistme , dan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang berisikan Ujian Naional dan Ujian Sekolah Bersetandar Nasional di ganti menjadi Aesemen atau ujian yang berbentuk tes tulis atau penilaian lain yang lebih komperenshif, RPP disederhanakan menjadi satu lembar dan sistem PPDB diubah formulanya terkhusus pada zonasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: hijri akmal rosidi
Date Deposited: 10 Apr 2023 08:59
Last Modified: 10 Apr 2023 08:59
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item