EFEKTIFITAS PENINGKATAN KETERAMPILAN SANTRI DI PKBM PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI

Mushofa, Ali (2022) EFEKTIFITAS PENINGKATAN KETERAMPILAN SANTRI DI PKBM PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (178kB)

Abstract

Pendidikan formal maupun nonformal seperti halnya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) tidak dapat dipisahkan dari pendidikan Indonesia. PKBM yang sebagai bagian pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian warga belajarnya. Tujuan pembelajaran di PKBM dapat dijewantahkan dalam berbagai kegiatan, seperti pembelajaran di kelas maupun program pelatihan dalam meningkatkan keterampilan. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peningkatan keterampilan santri di PKBM Ponpes Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif pasif, dokumentasi. Proses analisis datanya yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penenelitian menunjukan, bahwa 1) Tahap perencanaan dengan menjalankan dua proses, yaitu proses analisis kebutuhan, guna meninjau isi materi PAI dan program pelatihan agar sesuai dengan visi misi dan tujuan dan penjabaran kebutuhan, yaitu kegiatan sosialiasi hasil dari perencanaan analisis kebutuhan kepada segenap elemen terkait di PKBM Ponpes Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. 2) Tahap pelaksanaan dilaksanakan dengan memakai metode pembelajaran partisipatif dan peningkatan keterampilan santri/warga belajar diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan program pelatihan, setiap satu program pelatihan diadakan dalam satu dengan dua kali pertemuan. 3) Evaluasi untuk program pelatihan peningkatan keterampilan santri/warga belajar dengan evaluasi formatif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ido ahmad
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:56
Last Modified: 08 Jun 2023 01:56
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item