Peran Pembina Angkatan Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Asrama Ar-Roudloh Kota Kediri

Ikhfina Rizqi, Selvi (2022) Peran Pembina Angkatan Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Asrama Ar-Roudloh Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
SKRIPSI (AutoRecovered).docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembinaan yang dilakukan di pondok pesantren itu sangat penting, terutama untuk melihat kinerja pembina angkatan sebagai motivator yang mana berusaha dengan segala ide-idenya untuk meningkatkan kedisiplinan terutama berdisiplin dalam ranah pribadi santri yang berusaha dengan segala kemampunnya menjalankan segala kegiatan yang telah dijadwalkan dengan tertata oleh pondok pesantren. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana pembina angkatan sebagai motivator dalam mendisiplinkan santri Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Asrama Ar-Roudloh? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembina angkatan sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan santri Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Asrama Ar-Roudloh? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang lebih bisa dan mudah berhadapan dengan kenyatan ganda dan metode ini erat kaitannya antara peneliti dan responden secara langsung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologi yang menjelaskan fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu karena pembina berada langsung pada tempat observasi dalam artian berada langsung di lapangan. Pengumpulan data menggunakan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan fenomenologi yang bersifat eksploratif, yang mana menggambarkan keadaan subjek maupun objek secara langsung. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pembina angkatan sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan santri terutama pastinya dengan memotivasi santri, selalu menjadi teladan yang baik, selalu mengawasi kegiatan santri, dan arahan serta mendorong santri supaya bisa berkepribadian baik (2) Pembina angkatan dalam mendisiplinkan santri itu pasti mempunyai beberap faktor, diantaranya ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Dari kedua faktor tersebut bisa dari pribadi pembina sendiri dan juga bisa pengaruh dari santri yang dibina. Faktor pendukung diantaranya yakni bisa dari pembina bisa sebagai teladan para santri karena bisa mencontohkan teladan yang baik, karena menjalankan amanah, pembina selalu rutin mengawasi kegiatan santri, dan bisa untuk memperbaiki kegiatan-kegiatan yang ada di pondok pesantren supaya lebih stabil. Faktor penghambatnya itu bisa karena faktor dari kepengurusan, biasanya dari kepengurusan belum bisa menyesuaikan dengan sifat dan watak dari beberapa santri, pembina angkatan kurang mengerti arti kata disiplin, sulitnya mencari waktu luang untuk kegiatan evaluasi kegiatan santri, dan yang terakhir yakni dari pembinanya sendiri yang kurang sabar atau tekun dalam membina santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Selvi Ikhfina Rizqi
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:39
Last Modified: 08 Jun 2023 02:39
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item