Zaky, Muhamammad (2021) Implementasi metode jibril dalam pembelajaran al-qur’an pada kelas murojaah di Pondok Pesantren Ilmu Al-qur’an Singosari Malang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
a.Cover.pdf Download (98kB) |
|
Text
b PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (90kB) |
|
Text
c PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (70kB) |
|
Text
f.abstrak.pdf Download (119kB) |
|
Text
g.daftar isi.pdf Download (136kB) |
|
Text
h.bab1.pdf Download (249kB) |
|
Text
i.bab2.pdf Download (317kB) |
|
Text
j.bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text
k.bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
l.bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
Text
m.daftar pustaka.pdf Download (185kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya penyampaian tujuan. Karena metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum. Tanpa metode, suatu materi tidak akan dapat berproses secara efisien dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan Implementasi berarti pelaksanaan, penerapan, pertemuan kedua ini bermaksud mencari bentuk (hal yang disepakati dulu). Secara sederhana implementasi pembelajaran dapat diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan dalam pembelajaran. Dalam hal metode, KH.M. basori Alwi selaku pengasuh Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an mencetus suatu metode dan teknik pengajaran khusus yang dikenal dengan “Metode Jibril”. Sebagai pakar Al-Qur’an KH. Basori Alwi tidak henti-hentinya menerapkan variasi teknik pembelajaran Al-Qur’an yang disesuaikan dengan kemampuan anak didik. Dengan kata lain metode Jibril tidak dirancang secara instan dan mengandalkan teori-teori pembelajaran. Metode Jibril ini lahir dari hasil eksperimen bertahun-tahun. Dari uraian di atas, dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi metode Jibril dalam pembelajaran Al-Qur’an pada kelas murojaah di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an? (2) Bagaimana hasil dari implementasi metode Jibril dalam pembelajaran Al-Qur’an pada kelas murojaah di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an? Dalam melakuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengadakan penelitian pada pihak-pihak terkait di Pesantren Ilmu Al-Qur’an. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian: (1) penerapan metode Jibril dalam pembelajaran Al-Qur’an pada kelas murojaah di PIQ yaitu guru menjadikan patokan pembelajaran dengan cara guru mentalaqi bacaan Al-Qur’an per ayat kemudian siswa menirukan bacaan guru hingga benar(2) pengimplementasian metode Jibril pada pembelajaran Al-Qur’an pada kelas murjoaah di PIQ sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terutama dalam bidang kefashihan dan tajwidnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Muhammad Zaky |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 01:42 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 01:42 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/790 |
Actions (login required)
View Item |