PERAN WALI ASUH DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK SD DI PONDOK PESANTREN AL-MAHRUSIYAH III KELURAHAN NGAMPEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI

ANSORI, HASAN (2023) PERAN WALI ASUH DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK SD DI PONDOK PESANTREN AL-MAHRUSIYAH III KELURAHAN NGAMPEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI.

[img] Text
skripsi aplout hasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ansori, Hasan. 2022. Peran Wali Asuh dalam Meningkatkan Kemandirian Anak SD di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Kelurahan Ngampel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri. Pembimbing M. Arif Khoiruddin, S.Sos.I., M.Pd.I. Kata kunci: Peran Wali Asuh, Kemandirian anak SD Kemandiriann adalah usaha untuk melepaskan diri dari orang tua dengan maksud untuk menemukan dirinya melalui proses mencari identitas ego. Kemandirian biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib sendiri, kreatif, inovatif, dan juga inisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain. Untuk mengembangkan kemandirian pada anak di SD Al-Mahrusiyah III perlu adanya peran seorang wali asuh. Peneliti menemukan permasalahan kemandirian pada anak, seperti anak yang masih belum bisa melakukan tugasnya secara mandiri, jika diberi instruksi atau arahan tidak dilakukan oleh anak asuhnya, tidak mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri, dan juga kurang mampu berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Peran wali asuh dalam meningkatkakn kemandirian anak SD di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah III Ngampel. Kendala yang dihadapi wali asuh dalam meningkatkan kemandirian anak SD di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah III Ngampel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengiukuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Selain dalam mendidik karakter, wali asuh juga sangat berperan dalam meningkatkan kualitas santri dalam segi ilmu pengetahuan. (2) Peran wali asuh sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemandirian anak di SD Al-Mahrusiyah Kelurahan Ngampel adalah melakukan komunikasi yang aktif dengan orang tua, memberikan motivasi/pemahaman positif kepada anak, memberikan reward/penegasan untuk membangkitkan semangat anak, melakukan pendekatan pada anak yang kurang mampu berkomunikasi dengan teman; dan (3) peran guru sebagai pelatih dalam meningkatkan kemadirian anak di SD Al-Mahrusiyah Kelurahan Ngampel adalah memberikan contoh dan memberikan pembiasaan dan pengulangan kegiatan kemandirian kepada anak secara konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: HASAN ANSORI
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:55
Last Modified: 30 Jan 2023 01:55
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item