Sukuti, Nur Khotimah (2022) Pembelajaran kitab kuning berbasis sorogan Madrasah Hidayatul Mubtadiaat pondok pesantren Lirboyo kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
LAMPIRAN, SURAT nur khotimah.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER SKRIPSI nur khotimah.pdf Download (180kB) |
|
Text
WATERMAK ABSTRAK-DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
Abstract
Kitab kuning salah satu kitab yang sangat khas dengan dunia pesantren khususnya santri pondok Lirboyo. Mayoritas santri mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami kitab kuning. Salah satu metode yang mempengaruhi besar terhadap pemahaman santri dalam pembelajaran kitab kuning yaitu metode sorogan. Metode sorogan dilakukan untuk melatih keaktifan dan ketekunan santri, di sisi lain santri dituntut untuk memiliki keberanian membacakan kitab dihadapan guru bahkan orang lain. Dengan demikian guru dapat memahami sejauh mana kemampuan santri dalam memahami kitab kuning.Dari uraian diatas maka fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan metode sorogan pada santri tingkat Tsanawiyah di Madrasah Hidayatul Mubtadiaat? (2) Apa hasil yang dicapai dari proses pembelajaran kitab kuning berbasis sorogan di Madrasah Hidayatul Mubtadiaat?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memahami metode pembelajaran kitab kuning berbasis sorogan di Madrasah Hidayatul Mubtadiaat Lirboyo Kota Kediri (2) Memahami hasil yang dicapai dalam pembelajaran kitab kuning berbasis sorogan di Madrasah Hidayatul Mubtadiaat?Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma postpositive. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti melakukan tiga tahapan, yaitu: (1) kondemsasi data-data (2) menyajikan data (3) menarik kesimpulan atau verivikasi data. Hasil dari penelitian, penulis menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan sangat membantu santri dalam membaca dan memahami isi kitab. Dengan metode sorogan seorang guru dapat memahami potensi santri dalam membaca dan memahami kitab kuning, namun metode sorogan masih banyak kekurangan yang harus diselesaikan, misalnya antrian maju yang lama dan siswa yang datang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Nur Khotim Nur Khotimah Sukuti |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:00 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/703 |
Actions (login required)
View Item |