Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Beragama Dan Toleransi Di MTSN 2 Kota Kediri Jawa Timur

Umi Sakinah, Sakinah, Umi (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Beragama Dan Toleransi Di MTSN 2 Kota Kediri Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
170108637_UMI SAKINAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)

Abstract

Pendidikan toleransi perlu diajarkan di sekolah karena sangat penting untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di negara kita yang plural. Guru PAI sangat berperan sekali dalam mengajarkan dan memahamkan kepada peserta didik tentang islam yang toleran dan rahmatan lil alamin, supaya terpapar pemahaman islam yang radikal. Penelitian inimenggunakan menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) yaitu : penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah Dengan dasar latar belakang di atas, masalah yang dapat penulis tuliskan adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam membentuk sikap beragama dan toleransi siswa di MTsN 2 kota kediri? (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru dalam membentuk sikap beragama siswa MTsN 2 kota Kediri? Adapun yang menjadi penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam membentuk sikap beragama dan toleransi siswa di MTsN 2 kota Kediri serta dapat mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat bagi guru tersebut.Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap beragama dan toleransi, diantaranya: guru pendidikan agama Islam selalu menerapkan pembiasaan disiplin bagi siswa agar terus berkembang, melaksanakan sholat dhua, sholat dhuhur berjamaah, tolong menolong dan saling menghargai. dalam meningkatkan sikap beragama dan toleransi bagi siswa ada faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat, salah satu faktor pendukungnya adalah lingkungan yang baik, teladan orang tua, dan kelompok teman sebaya, sedangkan faktor penghambatnya adalah media sosial dan semakin berkurangnya minat siswa untuk membaca Al-Qur’an.Dari uraian diatas sebaiknya guru pendidikan agama Islam harus lebih meningkatkan lagi pembinaan akhlak yang beragama bagi siswa agar siswa tidak mudah terbawa sikap malas dari luar madrasah sehingga tetap meningkat sikap keberagamaan siswa yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with email nuristiqomah946@gmail.com
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:05
Last Modified: 30 Jan 2023 02:05
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item