Pahlefi, Nezard Muhammad (2022) PENERAPAN NILAI-NILAI DASADARMA PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI KELAS IV, V DAN VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SIDOMULYO PUNCU KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
Text
SKRIPSI FULL NEZARD WATERMARKED.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pahlefi, Nezard Muhammad. 2022 : Penerapan Nilai-Nilai Dasadarma Pramuka dalam Pembentukan Karakter Islami di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sidomulyo Puncu Kediri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Nirra Fatma, M.Pd.I. Kata Kunci: Dasa Dharma Pramuka, Karakter Islami Madrasah memiliki peranan tidak hanya pada pembinaan siswa dari sisi nilai akademik kognitif saja, lebih dari itu madrasah dituntut untuk dapat membina siswa dalam pengembangan nilai-nilai karakter. Pramuka merupakan salah satu wadah yang tepat dalam pengembangan bakat siswa dan penanaman nilai-nilai moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai dasa darma pramuka dalam pembentukan karakter islami di MI Islamiyah Sidomulyo Kediri dan mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dalam penerapan nilai-nilai dasa darma pramuka dalam penanaman karakter islami di MI Islamiyah Sidomulyo Kediri. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina pramuka, dan para siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan penanaman nilai-nilai dasa darma pramuka di MI Islamiyah dilaksanakan melalui kegiatan pramuka melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penanaman nilai dasa darma dilakukan dengan kegiatan pembacaan dasadarma setiap upacara sebelum pelaksanaan pramuka, hafalan dasa darma pramuka untuk siswa, penjelasan butir-butir dasa darma disertai dengan contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan siswa. Evaluasi juga dilakukan dengan pengamatan sikap dan karakter siswa, hasil pemahaman dasadarma dan keterampilan siswa dalam seluruh kegiatan pramuka yang dilakukan. Dampak dari penanaman nilai ini siswa terlihat memiliki karakter islami diantaranya adalah disiplin, dapat dipercaya, saling membantu dan lainnya. 2) hambatan yang terjadi dalam penerapan nilai dasa darma pramuka terdiri dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal terdiri dari hambatan dari siswa yaitu a) hambatan fisik dan b) hambatan psikologis. Hambatan eksternal berupa a) hambatan pembina, pembina masih kesulitan dalam mengemas kurikulum pramuka dan menentukan materi-materi yang tepat untuk kegiatan pramuka dan b) hambatan sarana dan prasarana berupa terbatasnya fasilitas yang disediakan madrasah untuk kegiatan pramuka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Nezard Muhammad Pahlefi |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:26 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:26 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/636 |
Actions (login required)
View Item |