Asnawi, Ghufron (2021) PENDIDIKAN AGAMA DALAM AL QURAN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 MENURUT TAFSIR AL MISBAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
Cover dkk.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
Abstract
Pada era globalisasi ini Pendidikan Islam dihadapkan kepada berbagai macam persoalan yang semakin berat salah satunya yaitu timbulnya perilaku menyimpang dikalangan remaja, khususnya krisis moralitas. Pendidikan agama sangat fundamental dan mempunyai nilai yang strategis dalam menghadapi permasalahan tersebut. Berkenaan dengan itu, nilai-nilai Al-Qur‟an harus menjadi landasannya dalam hal ini surah Luqman ayat 12-19 dengan menggunakan tafsir Al-Misbah sangat relevan dengan permasalah tersebut. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pendidikan agama yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12-19, agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah, bagaimana konsep, analisis dan relevansi pendidikan akhlak yang terdapat pada surah Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Al-Misbah?. Adapun Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pustaka (library research) untuk penafsirannya menggunakan tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab dengan menggunakan tafsir tahlili. Sedangkan tujuan Kajian dalam skripsi ini di antaranya adalah: 1. Untuk mengetahui bentuk konsep pendidikan yang ada dalam surah Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Al-Misbah. 2. Untuk mengetahui bentuk relevansi dari konsep pendidikan yang ada dalam surah Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Al-Misbah. Hasil penelitian dari Analisis Tafsir Al-Qur‟an Surat Luqman Ayat 12 – 19 menunjukkan bahwa Luqman dalam memerankan perannya sebagai pendidik pertama yakni tepatnya sebagai orang tua adalah : menanamkan nilai Pendidikan Aqidah, Pendidikan Syariah atau Ibadah dan Pendidikan Akhlak, Pendidikan sangatlah penting untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan agama dalam diri manusia. Sebagaimana tercurah dalam tafsir Al Misbah yang membahas tentang surat Luqman ayat 12-19 dimana metode mendidik adalah secara hikmah atau memberi contoh yang baik dari pendidik. Jika pendidik sudah memiliki dan melakukan hal-hal baik yang ada dalam agama, maka barulah memakai metode lain seperti mauidhoh dan nasehat. Maka dari itu seorang pendidik diutamakan seseorang yang memiliki perilaku yang baik dan rasa kasih sayang yang luar biasa kepada para anak didiknya. seorang pendidik hendaknya memiliki karakteristik yang dapat membedakannya dari yang lain. Dengan karakteristiknya, menjadi ciri dan sifat yang akan menyatu dalam seluruh totalitas kepribadiannya. Totalitas tersebut kemudian akan teraktualissi melalui seluruh xiii perkataan dan perbuatannya. Dengan demikian penanaman karakter Pendidikan benarbenar tercapai dengan baik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ghufron Asnawi |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:09 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:09 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/612 |
Actions (login required)
View Item |