Hadziq, Muhammad Fakhruddin (2023) Efektivitas metode muhafadhoh lalaran dalam upaya meningkatkan kualitas daya ingat dan hafalan santri di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
1 cover.pdf Download (59kB) |
|
Text
5 abstrak.pdf Download (44kB) |
|
Text
6 daftar isi.pdf Download (50kB) |
|
Text
7 bab 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
8 bab 2.pdf Download (234kB) |
|
Text
9 bab 3.pdf Download (201kB) |
|
Text
10 bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text
11 bab 5.pdf Download (119kB) |
|
Text
12 daftar pustaka.pdf Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya keluhan dari banyaknya laporan hasil belajar terkait kualitas daya ingat dan hafalan santri. Para santri mengeluhkan kesulitan dalam menjaga kualitas hafalan mereka. Sedangkan dalam kenyataannya bahwa kecakapan dalam menghafal adalah salah satu dari modal utama santri dalam proses belajar. Oleh karena itu diadakan program peningkatan kualitas daya ingat dan hafalan melalui metode muhafadhoh lalaran. Berdasarkan latar belakang diatas dapat diambil fokus penelitian 1) Bagaimana teknis pelaksanaan metode muhafadhoh lalaran dalam meningkatkan kualitas daya ingat dan hafalan santri di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Mojoroto Kota Kediri?. 2) Apa saja hambatan dan keberhasilan dalam proses pelaksanaan metode muhafadhoh lalaran dalam meningkatkan kualitas daya ingat dan hafalan santri di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Mojoroto Kota Kediri?. Berpijak dari rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini berusaha untuk mendiskripsikan penerapan program peningkatan daya ingat dan kualitas hafalan dengan metode muhafadhoh lalaran. Penulis dalam hal ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pedekatan fenomologi. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dokumentasi. Teknik analisa menggunakan teknik induktif dan deduktif. Dengan berjalannya program dapat disimpulkan bahwa, 1) proses pelaksanaan menerapkan metode muhafadhoh lalaran di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Mojoroto Kota Kediri sudah berjalan dengan baik berdasarkan realita bahwa segala proses sudah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa kendala. 2) faktor pendukung dan penghambat antara lain adalah tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung sebagai faktor pendukung. Serta adanya peran pengurus dan pengajar sebagai pembimbing dan pengawas, situasi dan kondisi yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya displin santri dalam mengikuti program, kelelahan yang melanda karena banyaknya kegiatan diluar jam wajib belajar dan teman bergaul yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | muhammad fakhruddin |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 05:42 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:03 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/587 |
Actions (login required)
View Item |