STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENANAMKAN MAKNA PERJUANGAN PARA SAHABAT NABI TERHADAP SISWA KELAS VI DI MI ROUDLOTUT THOLABAH WONOREJO NGADILUWIH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Salim, M. Mamduh (2021) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENANAMKAN MAKNA PERJUANGAN PARA SAHABAT NABI TERHADAP SISWA KELAS VI DI MI ROUDLOTUT THOLABAH WONOREJO NGADILUWIH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengajar bukan sekedar ceramah dan berdiri didepan kelas sambil memelototi siswa, tetapi bagaimana teknik dan strategi guru dalam mengkomunikasikan pesan/materi pembelajaran, berinteraksi, mengorganisir, dan mengelola siswa sehingga berhasil dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran adalah bilamana guru memiliki dan menguasai metodologi pembelajaran secara baik. Untuk itulah guru SKI di MI Roudlotut Tholabah menggunakan strategi untuk menanamkan makna perjuangan para Shabat Nabi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru SKI dalam menanamkan makna perjuangan para Sahabat Nabi terhadap siswa kelas VI di MI Roudlotut Tholabah ? (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung strategi guru SKI dalam menanamkan makna perjuangan para Sahabat Nabi terhadap siswa kelas VI di MI Roudlotut Tholabah ?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru SKI di MI Roudlotut Tholabah dalam menanamkan makna perjuangan para Sahabat Nabi. (2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru SKI di MI Roudlotut Tholabah dalam menanamkan makna perjuangan para Sahabat Nabi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang yang diteliti, dengan ciri-ciri sebagai berikut: memiliki latar yang alami, manusia sebagai alat pengumpulan data, analisis data secara induktif dan penelitian bersifat diskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi guru SKI dalam menanamkan makna perjuangan Sahabat Nabi terhadap siswa kelas VI di MI Roudlotut Tholabah adalah guru SKI menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi serta menggunakan media pembelajaran atau setting pembelajaran. Guru SKI membangun motivasi siswa untuk belajar. Guru SKI memilih metode mengajar yang tepat. Guru SKI menggunakan strategi pembelajaran. (2) Faktor penghambat strategi guru SKI dalam menanamkan makna perjuangan para Sahabat Nabi terhadap siswa kelas VI Di MI Roudlotut Tholabah adalah: pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, siswa kurang mendapat dukungan dari pihak keluarga, lingkungan pergaulan teman di luar sekolah yang cenderung negatif, status sosial ekonomi orang tua murid, kesadaran untuk mengamalkan ajaran agama Islam masih kuran. Sedangkan faktor pendukung adalah Sumber daya manusia (SDM) guru SKI benar-benar sudah menjalankan tugas dengan baik, adanya kerjasama dari sekolah dan masyarakat sekitar, serta mendapat dukungan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Mamduh Salim Salim
Date Deposited: 08 May 2025 04:35
Last Modified: 08 May 2025 04:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item