Puspasari, Dian (2022) Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia MI/SD di Dusun Butun Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
DIANPUSPA SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (513kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
Abstract
PUSPASARI, DIAN,2022: Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia MI/SD di Dusun Butun Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Drs. Miftahuddin, M.Pd. Kata Kunci: Dampak Game Online, Motivasi Belajar. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat, termasuk anak-anak. Maraknya game online dengan segala daya tariknya mampu mengalihkan kebiasaan anak yang dulunya gemar bermain permainan tradisional sekarang menjadi gemar dengan permainan game online bahkan ada beberapa yang sampai kecanduan. Bukan hanya kebiasaan bermain saja yang berubah, namun juga perilaku atau akhlak termasuk motivasi belajar mereka. Berdasarkan konteks penelitian diatas, penelitian ini difokuskan pada : 1. Bagaimana dampak game online terhadap motivasi belajar anak MI di Dusun Butun Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, 2. Bagaimana solusi dari dampak game online terhadap motivasi belajar anak MI di Dusun Butun Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, 3. Bagaimana peran orangtua dalam mengatasi dampak game online terhadap motivasi belajar anak MI di Dusun Butun Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan data yang diperoleh dan pembahasan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa : 1. Penggunaan Game online yang berlebihan dapat mempengaruhi motivasi belajar anak. 2. Solusi dari dampak game online terhadap motivasi belajar anak usia Madrasah Ibtidaiyyah di Dusun Butun Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, berdasarkan penelitian bergantung pada peran orangtua. 3. Peran orangtua dalam mengatasi dampak game online terhadap motivasi belajar anak dapat dilakukan dengan tidak menyediakan sarana untuk bermain game online, membatasi waktu bermain game online dan selalu memantau kegiatan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Dian Puspasari |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 03:30 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 03:30 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/550 |
Actions (login required)
View Item |