ghozali, hendrik (2021) Strategi kepala pondok dalam mewujudkan pendidikan pesantren yang efektif dimasa pandemi (studi kasus di Pondok Pesantren LIRBOYO KEDIRI). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam TRIBAKTI.
Text
1. COVER LUAR.pdf Download (33kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan Tim Penguji (berstempel).pdf Download (596kB) |
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (761kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (997kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (765kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (913kB) |
Abstract
Tidak dapat disangkal bahwa penyebaran wabah pandemi virus corona (Covid-19) sangat memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan di pondok pesantren Lirboyo. Keadaan ini memancing respon pengasuh pondok pesantren lirboyo agar pondok pesantren lirboyo agar tetap kondusif. Maka dari itu pengasuh pondok pesantren lirboyo mempunyai kebijakan pendidikan tetap berlangsung akan tetapi tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut Bagaimana strategi kepala pondok dalam mewujudkan pendidikan pesantren yang efektif di masa pandemi? Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi kepala pondok dalam mewujudkan pendidikan pesantren yang efektif di masa pandemi? Penelitian ini dibuat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif yang dimaksudkan untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejaidan yang diteliti sehingga meudahkan peneliti untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui dan memhami tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti yaitu berhubungan dengan Strategi Kepala Pondok Dalam Mewujudkan Pendidikan Pesantren yang efektif di masa pandemi. Hasil penelitian, yaitu bahwa pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Pondok lirboyo adalah model pembelajaran luring. Model luring ini dilaksanakan sebagaimana KBM yang biasanya berlaku, sebelum pandemi covid 19 terjadi, yaitu secara tatap muka namun dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yang berlaku. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak aman, Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka dengan kehadiran santri di pesantren, tidak bisa menggunakan pembelajaran jarak jauh titik tekan pendidikan pesantren bukan pada transformasi pengetahuan saja, melainkan pada pembentukan karakter, Faktor penghambat yang terjadi dalam pembelajaran model luring di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren lirboyo adalah Santri yang sulit dituntun untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | HENDRIK GHOZALI |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 05:49 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 05:49 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/47 |
Actions (login required)
View Item |