Arviansah, Mukhammad Imam (2022) Peran guru akidah akhlak dalam pembinaan mental peserta didik kelas ix di MTS Raudlatut Thalabah Kolak Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
1 Cover dkk.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (526kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (444kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (344kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
7 Daftar Pustaka.pdf Download (320kB) |
Abstract
Pendidikan menjadi perhatian serius masyarakat luas, ketika moralitas dipinggirkan dalam sistem berperilaku dan bersikap ditengah masyarakat. Akhirnya disatu sisi, pendidikan yang telah dijalankan menjadi manusia kian terdidik intelektualitasnya. Namun disisi lain, pendidikan yang diusung semakin menjadikan manusia kehilangan kemanusiannya. Maraknya aksi kekerasan, korupsi, pembalapan liar, dan sederet gambaran moralitas menghadapkan kepada kerinduan untuk mendesain ulang sistem pendidikan yang berbasis kepada keluhuran akhlak, tata etika, dan moralitas. Antara kehidupan dan pendidikan bagaikan sebuah skema listrik parallel. Keduanya saling terkait satu sama lain. Implikasinya, jika masyarakat menghendaki tersedianya kehidupan yang sejahtera, isi dan proses pendidikan harus diarahkan pada pemenuhan kebutuhan tersebut. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembinaan mental peserta didik kelas IX di MTs Raudlatut Thalabah Kolak kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri ? Pada penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersandar pada quality atau hal-hal yang paling penting dari suatu barang ataupun jasa. Penelitian kualitatif dapat dirangkai untuk memberikan bantuan terhadap teori, kebijakan, praktis, masalah sosial, dan pengaplikasiannya. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan untuk mengumpulkan informasi yang benar dan akurat adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian, yaitu Peran yang dilakukan guru akidah akhlak dalam pembinaan mental peserta didik kelas IX di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri, menurut peneliti sudah cukup baik, karena guru akidah akhlak bekerjasama dengan semua guru, khususnya guru BK untuk membentuk program dalam pembinaan mental peserta didik. Peran guru akidah akhlak seperti yang peneliti lihat di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Kediri itu guru akidah akhlak bertindak sebagai tenaga pelaksana program kegiatan sekolah, dedikasi dan semangat kerja tinggi yang dilaksanakan dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mukhammad Imam Arviansah |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 03:05 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 03:05 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/464 |
Actions (login required)
View Item |