ASROFUN NISA, ALVI (2019) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS II SDN PESANTREN 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI.
Text
COVER LUAR.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB 1-5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (827kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebagai upaya untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal. Hasil belajar siswa dapat memberikan respons positif terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam melalui implementasi Metode Bermain Peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pesantren 2 Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah RPP dan LKS yang terdiri dari tiga RPP dan tiga tes formatif, sedangkan instrumen penelitian ini adalah: tes tertulis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Dalam satu siklus meliputi beberapa tahapan, yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action) dan observasi (observation), serta refleksi (reflecting). Data hasil penelitian dianalisis secara diskriptif dan didukung dengan analisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Pesantren 2 Kota Kediri menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih kurang. Keadaan ini ditunjukkan oleh hasil belajar yang dicapai siswa belum sesuai dengan KKM yang telah ditentukan oleh guru. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam KKM yaitu ketuntasan individual adalah 7,5` dan ketuntasan klasikal (KK) adalah 72,90%. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari 28 siswa ketika diadakan penilaian formatif awal diperoleh siswa yang tuntas belajar 68,18% pada pra siklus kemudian pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar yang dilihat dari siswa yang tuntas belajar adalah 81,82%, kemudian dilanjutkan lagi pada siklus selanjutnya siswa yang tuntas belajar adalah 90,91%. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan Metode Bermain Peran sangat cocok digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan menggunakan Metode Bermain Peran ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yaitu siswa dalam pembelajarannya mengalami peningkatan yang signifikan dalam setiap siklusnya. Kata Kunci : Bermain Peran, Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | ARINI KHOIRUN NISA |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:55 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/41 |
Actions (login required)
View Item |