Implementasi tahfidzul qur’an dalam menumbuhkan kecerdasan Intelektual Emosional dan Spiritual (IESQ) pada remaja di TPQ Al-Ma’ruf 2 Nganjuk

Ihdalumam, Abdy (2021) Implementasi tahfidzul qur’an dalam menumbuhkan kecerdasan Intelektual Emosional dan Spiritual (IESQ) pada remaja di TPQ Al-Ma’ruf 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
Cover.pdf

Download (310kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (889kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (881kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini muncul bermula dari suatu lembaga pendidikan dalam mengembangkan potensi siswa-siswinya melalui tahfidzul qur’an, sebab di dalam teks pembukaan UUD 1945 pada alinea ke-4 “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Sehingga potensi yang mendasari berupa kecerdasan. Baik berupa kecerdasan intelektua (IQ), kecerdasan emosional (EQ), ataupun kecerdasan spiritual (SQ) yang di tumbuhkan melalui program tahfidzul qur’an, sehingga akan mencetak generasi yang unggul dan generasi yang diharapkan oleh bangsa dan agama. Dari uraian di atas, maka dapat difokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana implementasi tahfidzul qur’an? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi tahfidzul qur’an? (3) Apa manfaat implementasi tahfidzul qur’an? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang terdiri dari 5 perempuan dan 1 laki-laki dengan usia 11-15 tahun yang dijadikan sebagai subjek penelitian, Adapun pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian, yaitu: (1) Dalam menumbuhkan kecerdasan IESQ yaitu dengan menggunakan metode tahfidzul qur’an. (2) Faktor pendukung dalam proses menghafal al-Qur’an yaitu, guru memberikan motivasi, lingkungan yang mendukung dan usia yang ideal. Sedangkan faktor penghambat dalam proses menghafal al-Qur’an yaitu, kurang maksimal orangtua dalam memperhatikan hafalan anak pada saat di rumah, siswa yang merasa malas, dan manajemen waktu yang kurang baik. (3) Manfaat dalam menerapkan hafalan al-Qur’an yaitu, bagi penghafal al-Qur’an akan mudah untuk menguasai berbagai macam disiplin ilmu baik agama maupun ilmu umum lainnya seperti IPA, IPS, dan matematika serta dapat menumbuhkan kecerdasan IESQ. Kata Kunci: Tahfidzul Qur’an, Kecerdasan IESQ

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Abdy Ihdalumam
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:49
Last Modified: 01 Dec 2022 04:49
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item