PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (MASALAH) MELALUI KEGIATAN MUSYAWAROH DI PONDOK PESANTREN HM AL MAHRUSIYAH PUTRA LIRBOYO KOTA KEDIRI

Tamtsily, Righad Salafaein (2021) PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (MASALAH) MELALUI KEGIATAN MUSYAWAROH DI PONDOK PESANTREN HM AL MAHRUSIYAH PUTRA LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Pendidikan bukan sekedar mentransformasikan materi pelajaran, melainkan juga mentransformasikan nilai-nilai serta memberikan bekal kecakapan hidup (life skil) bagi peserta didik. Dalam konsep pendidikan modern, pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat menghadirkan kehidupan nyata ke dalam kelas dan mendorong peserta didik untuk membuat jembatan penghubung antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Termasuk juga dalam ilmu fiqih penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah tidak hanya menekankan pada pemahaman teoritis semata, tapi juga membantu peserta didik untuk merefleksikan pemahamannya dengan dunia nyata lewat masalah- masalah fiqhiyyah yang faktual. Seperti yang telah diketahui, fiqih merupakan ilmu yang ‘amali (praktis), yang tidak bisa dilepaskan dari setiap sisi kehidupan setiap muslim. Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri yang mengagendakan forum bahtsul masail dan musyawaroh, yang ditangani langsung oleh Lajnah Bahtsul Masail (LBM) HM Al-Mahrusiah putra, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadikan kegiatan bahtsul masail sebagai salah satu agenda primer dalam program kerjanya. Kegiatan tersebut menuntut para santri yang berada di naungan pondok pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah putra untuk bisa meningkatkan pemahaman - pemahaman ilmu fiqih yang mereka dapatkan dari kitab kuning ke dalam masah-masalah waqi’iah (terkini) sehingga apa yang sudah dipelajari bisa dipraktekan dikemudian hari. Dari uraian di atas, dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran musyawaroh di pondok pesantren HM Al Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri ? (2) Bagaimana prestasi belajar fiqih setelah melalui kegiatan musyawarah berbasis Problem Based Learning (masalah) di pondok pesantren HM Al Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri ? Dalam melakuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengadakan penelitian pada pihak-pihak terkait di LBM HM Al-Mahrusiyah Putra. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) penerapan metode pembelajarn musyawaroh sudah cukup baik. Metode yang digunakan dalam forum tersebut secara garis besar sama dengan problem based learning, meskipun ada sedikit perbedaan dalam segi konsep dalam pemecahan masalahnya (2) Prestasi belajar fiqih setelah melalui kegiatan musyawaroh berbasis Problem Based Learning (masalah) di pondok pesantren HM Al Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri sebagian besar menunjukan prestasi belajar yang meningkat dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Righad Salafaein Tamtsily
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:11
Last Modified: 30 Dec 2022 03:11
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item