PENGARUH PENGETAHUAN DAN MOTIVASI SANTRI TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARI’AH

Gozali, Muhtar (2021) PENGARUH PENGETAHUAN DAN MOTIVASI SANTRI TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARI’AH. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Dengan adanya perubahan zaman yang semakin modern tidak luput dari munculnya perbankan didunia ini pada kalangan atas, menengah, bawah, hingga pada kalangan masyarakat santri. awal mula kegiatan Perbankan Syariah yang pertama sekali muncul dilakukan adalah di Pakistan dan Malaysia pada tahun 1940 an. Di Kairo Mesir pada tahun 1963 berdiri Islamic Rural Bank di desa Mit Ghamr. Perbankan ini beroperasi di pedesaan Mesir dan masih berskala kecil. Kemudian di negara-negara Arab lainnya yaitu di Uni Emirat Arab dengan berdirinya Dubai Islamic Bank pada tahun 1975. Dan muncul di Indonesia pada tahun 1991 lebih tepatnya pada tanggal 1 november 1975 yang dinamakan Bank Muammalah Indonesia (BMI) yang dirumuskan oleh Majelis Ulama’ Indonesia. Bank syari’ah sendiri didirikan bertujuan untuk menghilangkan riba pada komunitas perbankan. Sehingga dapat menhindarkan orang muslim terhadap riba dan kalangan masyarakat lainnya pada umumnya. Akantetapi masih banyak dari kalangan masyarakat yang menganggap perbankan syari’ah sama halnya dengan perbankan konvensional yang menggunakan riba hanya saja kata riba diperbankan syari’ah diganti dengan akad. Dan pemikiran ini bukan hanya dialami kalangan masyarakat biasa, akantetapi masyarakat pesantren juga. Tidak luput di pondok pesantren Haji Ya’qub. Yang mana di masyarakat santri sendiri telah mempelajari tentang akad dan muammalah. Akan tetapi masih banyak santri yang masih mengatakan bahwa perbankan syari’ah sama halnya dengan perbankan konvensional. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini penulis ingin mengetahui sejauh mana pengetahuan santri terhadap perbankan syari’ah dan apa motivasi dari mereka untuk memilih produk perbankan syari’ah. Dan pada akhirnya terciptalah karya tulis dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Dan Motivasi Santri Terhadap Minat Memilih Produk Perbankan Syari’ah”. Kata Kunci: Pengetahuan, Motivasi, Minat Memilih Produk Perbankan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: SE Muhtar Gozali
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:47
Last Modified: 21 Jul 2022 06:47
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item