Urgnsi pembelajaran baca Al-qur'an dengan metode tartil di MADRASAH MUROTILIL QUR'AN Pondok Pesantren Lirboyo

Amar, Mohamad Syaeful (2021) Urgnsi pembelajaran baca Al-qur'an dengan metode tartil di MADRASAH MUROTILIL QUR'AN Pondok Pesantren Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Text
2.PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
4.PENGESAHAN TIM PENGUJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

ABSTRAK Mohamad Syaeful Amar (170108847) :Urgensi Pembelajaran Baca Al Qur’an Dengan Metode Tartil Di Madrasah Murotilil Qur’an Pondok Pesantren Lirboyo , Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam (IAI) Tribakti Kediri, DosenPembimbingSyafik Ubaidila, M. Pd. I. Kata kunci: Baca Al-Qur’an, Metode tartil Di MMQ Lirboyo. Pengajian Al-Qur’an dengan metode tartil sangat-sangat penting dalam islam, karena di zaman sekarang banyak orang yang ngajinya instan bahkan tidak sedikit yang mengajinya tanpa guru yaitu lewat online atau rekaman-rekaman,padahal yang seperti itu tidak di benarkan oleh syariat, lebih-lebih dalam belajar Al-Qur’an. Penelitian ini difokuskan pada: (1)Perencanaan penerapan pembelajaran Al-Qur’an metode tartil di Madrasah Murotilil Qur’anpondok pesantren lirboyo,(2)Penerapan sistem Pembelajaran Baca Al-Qur’anMetode Tartildi Madrasah Murotilil Qur’anPondok Pesantren Lirboyo, (3)Evaluasi dalam pelaksanaan metode tartil di MMQ Pondok Pesantren Lirboyo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah asatidz atau guru, pengurus, siswa, wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa perencanaanpelaksanaan sistem Pembelajaran Baca Al-Qur’an Dengan Metode Tartil Di MMQ Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri dengan campuran, dari mulai muraotalan dengan cara bersama-sama yang dipimpin oleh salah satu asatdiz, kemudian sisitem sorogan talaqi seorang murid mendengarkan dan melihat pelafadzan gurunya kemudian murid harus menirukan sesuai dengan gurunya, kemudian yang terakhir yaitu evaluasi, evaluasi di MMQ di menjadi dua tahap yaitu evaluasi tahunan dan evaluasi mingguan evalauasi tahuanan dan minnguan hamper sama dalam materi yang di ujikan yaitu evaluasi membaca dan hafalan, yang membedakan dari keduanya yaitu kalau evaluasi mingguan ada evaluasi Tanya jawab, kalau tahunan evaluasi tertulis, isinya sama yaitu untuk menguji samapai sejauh mana siswa tersebut dalam menguasai materi yang sudah disampaikan.di MMQ bukan hanya lihai dalam membaca dan hafal Al-Qur’an saja tetapi harus lihai dalam ilmu cara membaca Al-Qur’an dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MOHAMAD SYAEFUL AMAR
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:38
Last Modified: 01 Dec 2022 08:38
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item