Amalia, Fika (2024) KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF TEORI HUMANISTIK KI HAJAR DEWANTARA. Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Perspektif Teori Humanistik Ki Hajar Dewantara. pp. 1-67. (Submitted)
![]() |
Text
COVER dLL.pdf Download (853kB) |
![]() |
Text
BAB1 skripsi.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB 2 skripsi.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB 3 skripsi.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB 4 skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB 5 skripsi.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (775kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. Dikatakan merdeka dalam belajar artinya siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi. Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana pengembangan potensi peserta didik dalam kurikulum merdeka perspektif teori humanistik Ki Hajar Dewantara? (2) Bagaimana asas kebutuhan pada kurikulum merdeka dalam perspektif teori humanistik Ki Hajar Dewantara Dalam penelitian ini pneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan, dengan pendekatan pemikiran tokoh. Penelitian ini berupa telaah yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan Pustaka yang sesuai. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan cara menghimpun pendapat tokoh ki hjar dewantara dan penjelasan tentang kurikulum Merdeka belajar dan teori humanistik. Hasil penelitian tersebut diantaranya: (1) ki hajar dewantara berpendapat bahwa Pendidikan pada umumnya berarti Upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti, pikiran, dan tubuh anak. Konsep Pendidikan menurut ki hajar dewantara ini sesuai dengan konsep Pendidikan humanistik yang berupa dengan menggunakan metode among, yakni Tutwuri Handayani. Among yakni berarti mengasuh dan memelihara dengan suka cita, dengan memberi kebebasan anak asuh bergerak dan berbuat menurut kemauannya dan berkembang sesuai kemampuannya. (2) ki hajar dewantara,menekankan pendidikan itu memberikan dorongan terhadap perkembangan siswa didik, yakni pendidikan mengajarkan untuk mencapai suatu perubahan dan dapat bermanfaat di lingkungan Masyarakat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 03:33 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 03:33 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |