PLURALISME MENURUT PERSPEKTIF KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

ahmad zemi maulana, zemi (2025) PLURALISME MENURUT PERSPEKTIF KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, universitas islam tribakti lirboyo kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (18kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAT PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Zemi Maulana, 2024: Pluralisme Menurut Perspektif Kh. Abdurrahman Wahid Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam., Kata Kunci: Pluralisme, KH. Abdruuahman Wahid, Pendidikan islam. Penelitian ini mengkaji perspektif pluralisme yang diadvokasi oleh KH. Abdurrahman Wahid dan Relevansinya dalam konteks pendidikan Islam, pandangan pluralisme agama yang juga menjadi ciri khas pemimiran kh. Abdurrahman wahid, serta mengkaji pemikiran gus dur tentang pluralisme dan relevansinya pemikiran pluralisme terhadap Pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metote pendekatan kualitatif library research dengan analisis isi, didasarkan pada teori struktural fungsionalisme. penelitian yang dilakukan melalui mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan, atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Pluralisme di Indonesia mencerminkan keragaman budaya, agama, dan etnis yang kaya dan kompleks dalam satu negara. Pluralisme berasal dari kata pluralis yang berarti jamak, lebih dari satu, atau pluralizzing sama dengan jumlah yang menunjukkan lebih dari satu, atau lebih dari dua. Gus Dur meyakini keberagaman pendapat dan pemikiran merupakan bagian integral dari pembangunan sosial dan spiritual masyarakat. Sudut pandang ini mencerminkan gagasannya tentang pluralisme, di mana suara dan perspektif yang berbeda dihargai dan diintegrasikan ke dalam kerangka sosial yang harmonis. Meskipun ungkapan-ungkapannya seringkali bersifat provokatif, namun tujuannya adalah untuk mendorong dialog yang terbuka dan bermakna serta memperkaya pemahaman umum tentang kehidupan beragama dan sosial. Dengan demikian, korelasi pemikiran Gus Dur tentang pluralisme dengan sifatnya yang kontroversial dan blak-blakan menunjukkan komitmen kuatnya terhadap nilai-nilai inklusi, toleransi, dan keadilan dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan bermakna. Relevansi pluralisme dalam Pendidikan agama Islam di Indonesia, pandangan Gus Dur tentang kebebasan berekspresi menunjukkan korelasi yang kuat dalam membangun masyarakat yang majemuk dan inklusif. Gus Dur menegaskan, kebebasan berpendapat merupakan nilai inti pluralisme dalam pendidikan Islam. Baginya, hak setiap orang untuk menyampaikan pendapatnya tanpa rasa takut dan penindasan merupakan prinsip yang sesuai dengan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia. Sikap yang tepat menurut kh. Abdurrahman wahid dalam menghadapi pluralitas Masyarakat baik pluralitaas agama maupun budaya serta pluralitas etnis adalah menempatkan setiap kelompok Masyarakat serta dengan kelompok lain dalam hal apapun tanpa ada diskriminasi dan ketidak adilan. Setiap warga Masyarakat mempunyai kedudukan yang sama untuk berpendapat dimuka umum, berkarya, beribadah, serta mendapatkan keadilan tanpa membedakan unsur agama, ras, suku, etnis, budaya dan yang lainnya. Setiap kelompok Masyarakat mempunyai keudukan yang sama dalam hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam membangun Pendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:01
Last Modified: 31 Jul 2025 07:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3151

Actions (login required)

View Item View Item