Albab, Mohammad Ulil (2024) Implemetasi Program Safari dalam Membentuk Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Putra Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
![]() |
Text
8. BAB V (PENUTUP).pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
SURAT PENGESAHAN TIM PENGUJI.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
SURAT PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (189kB) |
Abstract
Pendidikan adalah kebutuhan dasar manusia, karena dengan itu, warisan budaya dan ilmu pengetahuan dapat terus lestari serta membangun peradaban umat manusia sehingga kehidupan di dunia berjalan dengan baik. Dapat dikatakan salah satu variabel utama menjadi manusia yang baik adalah yang terdidik dengan baik, maka mutu pendidikan berjalan beriringan secara linier dengan mutu manusia itu sendiri. Melalui sebuah program yang bernama Safari, Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Putra membuat Langkah konsisten untuk menunjang kualitas mutu layanan pendidikannya melalui program safari. Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan mengelola proses pembelajaran yang meliputi: a.) pemahaman wawasan dan landasan kependidikan, b.) pemahaman terhadap peserta didik, c.) pengembangan kurikulum dan silabus, d.) perancangan pembelajaran, e.) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, f.) pemanfaatan teknologi pembelajaran, g.) evaluasi hasil belajar, dan h.) pengembangan potensi peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks khusus. Dalam program safari ini mencoba untuk melatih peserta safari menjadi tenaga pengajar yang mempunyai kompetensi pedagogik. Program safari yang dilaksanakan selama dua (2) minggu adalah sebagi pemantik hidupnya spirit atau semangat pada guru-guru madrasah. Program safari dimaksudkan untuk memberi pengalaman nyata dan membekali skill mengajar yang berkutat pada kompetensi pedagogik. Hasil penelitian menemukan bahwa Safari ini dilaksanakan dan diwajibkan untuk para siswa kelas tiga (3) aliyah dengan bantuan para pengajar aktif yang telah menjadi guru di madrasah diniyah hm al mahrusiyah, dan program safari tidak memuat semua cakupan kompetensi pedagogik bagi calon guru madrasah diniyah hm al mahrusiyah, yakni 1.) pemahaman wawasan dan landasan kependidikan, 2.) perancangan pembelajaran, 3.) pemanfaatan teknologi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:06 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:06 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |