Chasanah, Aulia uswatun (2024) Pengaruh punishment terhadap kedisiplinan belajar santri putri di pondok pesantren putri darussalam lirboyo kota kediri. Masters (S2) thesis, Universitas islam tribakti.
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (526kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
bab 6.pdf Download (331kB) |
Abstract
Aulia Uswatun Chasanah, 2024: Pengaruh Punishment Terhadap Tingkat Kedisiplinan Belajar Santri Putri Di Madrasah Ihya’ Ulumiddin Darussalam Lirboyo Kediri, Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr.H. Hamam, M.pd dan Dr. Ahmad Ali Riyadi, M.ag Kata Kunci: Punishment, Kedisiplinan Belajar Santri Penelitian ini dilatar belakangi penerapan punishment terhadap santri yang melanggar tata tertib di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri. Punishment adalah konsekuensi yang tidak menyenagkan yang digunakan untuk melemahkan perilaku menyimpang. Punishment erat kaitannya dengan kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat Kedisiplinan Belajar Santri Putri Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri 2) Pelaksanaan Punishment Di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri 3) Pengaruh Punishment Terhadap Tingkat Kedisiplinan Belajar Santri Putri di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi 150 dan memiliki sampel 60 santri. Adapun instrumen pengumpulan data adalah dengan angket. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian kolerasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh kedua variabel. signifikansi hubungan keduanya (Punishment dan Kedisiplinan Siswa) dapat dilihat melalui uji “t”. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 2.735 sedangkan nilai t tabel = 2,00. Oleh karena t hitung (2,735) > t tabel (2,00), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Punishment dengan kedisiplinan belajar santri dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis korelasi Y = 29.986 + 0,247 .X, persamaan garis korelasi ini menjelaskan bahwa setiap kenaikan satu satuan punishment (X) mengakibatkan kenaikan kedisiplinan belajar (Y) sebesar 0,247. Hasil penelitian menunjukkan : Tingkat kedisiplinan belajar santri putri di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri dalam kategori tinggi sebesar 42,55 dan pelaksanaan punishment di Pondok Pesantren Darussalam Lirboyo Kediri dalam kategori tinggi sebesar 50,97. Sedangkan antara variabel punishment (X) dengan variabel kedisiplinan belajar (Y) sebesar 0,311 dengan koefisien determinasi (r2) yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 0,97 yang memberikan makna bahwa punishment (X) memberikan hubungan sebesar 11,4% terhadap kedisiplinan belajar santri dan 88,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:49 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:49 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |