UPAYA GURU MADIN IBTIDAIYAH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR KEAGAMAAN SISWA DI SD AL-MAHRUSIYAH III NGAMPEL KOTA KEDIRI

Islami, Juliana Rahayu (2024) UPAYA GURU MADIN IBTIDAIYAH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR KEAGAMAAN SISWA DI SD AL-MAHRUSIYAH III NGAMPEL KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Juliana Rahayu Islami.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan belajar keagamaan siswa tak lepas dari upaya seorang guru khususnya dalam memberi motivasi dalam proses belajar dan mengajar. Salah satu peran seorang guru adalah sebagai pembimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan juga mengevaluasi siswa dalam proses belajar keagamaan. Walaupun seorang guru memiliki upaya yang sangat penting dalam mengajar akan tetapi bukan berarti guru menjadi faktor utama sebagai penentu ataupun kegagalan dalam proses pembelajaran yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan. Dan yang menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar keagamaan siswa adalah motivasi yang dimiliki oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru madin ibtidaiyah dalam memotivasi belajar keagamaan siswa dan mengetahui hasil pelaksanaan guru madin ibtidaiyah dalam memotivasi belajar keagamaan siswa. Berdasarkan fakta tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian upaya guru madin ibtidaiyah dalam memotivasi belajar keagamaan siswa di SD Al Mahrusiyah III Ngampel kota Kediri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil Penelitian, yaitu:1) upaya guru madin yang sangat berpengaruh kepada siswa akan memberikan dampak baik dan meningkatnya hasil belajar siswa maka, dengan hal seperti ini maka siswa akan lebih berprestasi dan siswa menjadi lebih paham dengan ilmu agama. 2) dan hasil pelaksanaan dari penerapan peran seorang guru dalam memotivasi belajar siswa hal ini tentunya sangat menunjang belajar keagamaan siswa di madin ibtidaiyah dan menciptakan generasi muda dari Madin Ibtidaiyah yang berprestasi, beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. 3) adapun faktor dan kendala bagi guru dalam memotivasi belajar . faktor adanya dorongan motivasi yang kuat sehingga berpengaruh pada siswa sedangkan kendala yang dihadapi adalah rendahnya motivasi belajar siswa dan kurangnya minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Keagamaan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 03 May 2025 03:22
Last Modified: 03 May 2025 03:22
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item View Item