Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan Artificial Intellegence dalam Pembelajaran PAI Siswa Nduduk SMK Al Mahrusiyah

Husen, Malik (2024) Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan Artificial Intellegence dalam Pembelajaran PAI Siswa Nduduk SMK Al Mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER HUSAIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (522kB)
[img] Text
BAB 1 HUSAIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (287kB)
[img] Text
BAB 2 HUSAIN..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (359kB)
[img] Text
BAB 3 HUSAIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (263kB)
[img] Text
BAB 4 HUSAIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (504kB)
[img] Text
BAB V HUSAIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HUSAIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (222kB)

Abstract

Pada era modern ini, perkembangan teknologi telah membawa kita ke dalam dunia yang semakin kompleks dan canggih. Salah satu perkembangan teknologi yang menarik perhatian dan mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia ini adalah kecerdasan buatan, atau yang lebih dikenal sebagai Al (Artificial Intelligence) ), Artificial Intelligence adalah sebagian dari komputer sains yang mempelajari (dalam arti merancang) sistem komputer yang berintelegensi, yaitu sistem yang memiliki karakteristik berpikir seperti manusia; Al telah mampu mengatasi tantangan pemrosesan data yang dulu sulit atau bahkan tidak mungkin diatasi oleh manusia. Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Dari beberapa definisi diatas maka kecerdasan buatan menawarkan media maupun uji teori tentang kecerdasan. Al telah mengubah dunia kita dan akan terus membentuk masa depan kita, dan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep ini akan menjadi penting dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh era Al.SMK AL-Mahrusiyah adalah instansi yang sudah mumpuni untuk penerapan teknologi kecerdasan buatan karena sekolah ini sudah memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang baik serta kurikulum yang di terapkan adalah kurikulum merdeka belajar.Secara garis besar dari uraian di atas maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran Pendidikan agama islam siswa nduduk SMK AL-Mahrusiyah? 2) Bagaimana hasil pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada siswa nduduk SMK AL-Mahrusiyah? 3) Bagaimana dampak pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada siswa nduduk SMKAL Mahrusiyah? Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan penelitian kualitatif. Dikarenakan peneliti ini kedepannya akan turun langsung kelapangan mengamati apa yang terjadi dilapangan dan mengumpulkan data-data yang sekiranya bisa di masukan di penelitian jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan studi kasus. Penelitian lapangan studi kasus merupakan penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau kepada responden dalam penelitian ini terdapat 4 narasumber yaitu meliputi 2 pengajar dan 2 siswa nduduk SMK AL Mahrusiyah. Penelitian ini di lakukan di SMK AL Mahrusiyah kec. Mojoroto, Kota Kediri pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observsi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini 1) Pemanfaatan teknologi kecrdasan buatan pada pembelajaran pai siswa nduduk adalah pemanfaatan media online dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan sifat mandiri.tahapan pemanfaatan nya ada dua yang pertama adalah pengarahan dari guru mapel pai terkait penggunaan teknlogi kecerdasan buatan berup google dan chat gbt kedua dalah implementasi yang dilakukan oleh siswa secara mandiri 2) Dampak yang dihasilkan dari pemanfaatan teknlogi kecerdasan buatan adalah dampak positif dari segi pengetahuan dan minat dalam meningkatan kompetensi belajar siswa dampak positif yang cukup besar dan efektif bagi siswa nduduk dalam konteks belajar mandiri baik disekolah ataupun di rumah 3) hasil dari pemnfaatan teknologi kecerdasan buatan ai dalm pembelajarn pai sangat siknifikan, peningkatan dalam pembelajaran pai dari aspek pengetahuan seperti tentang pentingnya moderasi beragama, sejarah islam pengembangan pemikiran islam yang dalam hal ini berdampak pada pola pikir dan tingkah laku dalam menghadapi sebuah masalah hasil angketpun menunjukan pemanfaatan teknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan,Kecerdasan Buatan, Pembelajaran PAI
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 03 May 2025 03:32
Last Modified: 03 May 2025 03:32
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item