Nabilah, Su'da (2024) Peran Pendidikan Pondok Pesantren dalam Pembentukan Karakter Sosial Santri Ibtida’iyah di Pondok Pesantren Tahfizhil Qur’an Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB V wm.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA wm.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peran Pendidikan Pondok Pesantren memiliki peran kunci dalam membentuk karakter sosial santri melalui metode pembelajaran, pola pengasuhan karena anak Ibtida’iyah kelas IV rata masih baru dan sangat butuh pengajaran karena masih belum paham seperti belum tau apa-apa perihal sopan santu, sikap sosialisasi maka dari itu perlu memantau setiap harinya, pembiasaan kegiatan harian berupa ro’an, gotong royong, perlindungan anak, musyawaroh, etika dan tata nilai Islam, serta berbagai aktivitas sosial yang membentuk perilaku dalam lingkungan berstruktur. Studi kasus di Pesantren Tahfizhil Qur’an ini, sangat berpengaruh untuk kehidupan bermasyarakat kedepanya, untuk menjadi generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mrengetahui peran pendidikan pondok pesantren dalam pembentukan karakter sosial santri Ibtida’iyah (2) untuk mengetahui hasil peran pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter sosial santri Ibtida’iyah. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah mustahiqoh kelas IV Ibtida’iyah, ketua pondok pesantren tersebut dan ustadzhah pondok tersebut. Selanjutnya dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan cara menyajikan data, reduksi data, dan menarik kesimpulan yang akan menjadi hasil dari penelitian. Hasil penelitian ini mengenai pembentukan karakter sosial santri Ibtida’iyah di Pondok Pesantren Tahfizhil Qur’an yaitu menciptakan rasa peduli terhadap peraturan-peraturan dan program kegiatan pondok pesantren, bentuk rasa menghargai, peduli terhadap sesama, menunjukan bahwa peran pendidikan pondok pesantren dalam pembentukan karakter sosial santri yaitu Pondok pesantren sebagai wadah dalam membentuk karakter sosial santri, pondok pesantren juga sebagai sarana dalam membentuk karakter sosial santri. Faktor pendorong dalam pembentukan karakter sosial santri yaitu kurikulum pondok pesantren dari kinerja yang baik, interaksi yang baik, keberadaan sarana dan prasarana. Faktor penghambat dalam pembentukan karakter sosial santri yaitu dari santri itu sendiri serta lingkungan pondok pesantren (teman, undang-undang pesantren, sarana dan prasarana, serta lingkungan sekitar pesantren). Faktor pendorong dan penghambat pembentukan karakter sosial santri berasal dari santri itu sendiri. Kata kuci : Peran Pendidikan Pesantren, Karakter Sosial Santri
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Lulusan 2024-UIT |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:06 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:06 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |