Khasanah, Uswatun (2024) ANALISIS PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED PADA SISWA BROKEN HOME DI SMKS AL-MAHRUSIYAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
skripsi uswah on process watermark.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK USWATUN KHASANAH, 2024: Analisis Penerapan Konseling Individu dengan Pendekatan Client Centered pada Siswa Broken Home di SMKS Al Mahrusiyah, Psikologi Islam, Dakwah Ushuluddin dan Psikologi, UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Nila Ainu Ningrum, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Kata Kunci : Konseling Individu, Client Centered, Siswa Broken Home. Broken home merupakan suatu keadaan keluarga yang ditandai dengan perceraian orang tua atau mereka yang hanya mempunyai satu orang tua atau orang tua tunggal. Keadaan keluarga yang kurang menguntungkan dapat menyebabkan terganggunya perkembangan remaja yang dapat menimbulkan kenakalan remaja dan gangguan psikologis seperti stres, kecemasan dan depresi. Penggunaan konseling individu untuk mengatasi permasalahan pada seseorang bisa menggunakan pendekatan client centered yang mana konseling dilakukan dengan berpusat pada klien adalah konseling dimana konselor hanya memberikan terapi dan membimbing klien selama menjalani terapi sehingga klien dapat bertumbuh atau mengatasi permasalahan klien. Sehingga, dari uairan diatas dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana permasalahan yang dialami oleh siswa broken home di SMKS Al-Mahrusiyah? (2) Bagaimana penerapan konseling individu pada siswa broken home di SMKS Al-Mahrusiyah? (3) Bagaimana penerapan pendekatan client centered pada siswa broken home di SMKS Al-Mahrusiyah? Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post-positivisme, seorang peneliti berperan sebagai instrumen kunci (key-instrument), pengambilan sampel sumber data dilakukan secara snow ball sampling, teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan), dan analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif. Kemudian peneliti melakukan observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen dari SMKS Al-Mahrusiyah. Hasil penelitian yaitu: (1) Permasalahan yang dialami oleh siswa broken home di SMKS Al-Mahrusiyah adalah permasalahan dalam ekonomi, perbedaan pendapat, kekerasan dalam rumah tangga, dan permasalahan orang ketiga. (2) Penerapan konseling individu di SMKS Al-Mahrusiyah dilakukan pada banyak permasalahan bukan hanya pada siswa korban broken home (3) Pendekatan client centered yang dilakukan dalam konseling individu pada siswa SMKS Al Mahrusiyah berjalan efektif. Karena pada dasarnya pendekatan ini mempercayai bahwa setiap individu itu baik dan segala potensi yang dimiliki itu terletak pada diri sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:57 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:57 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |