Ningrum, Mardhiyati (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Model Problem Based Learning (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Islam Pare Kediri). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
Cover Tesis.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Tesis BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (547kB) |
![]() |
Text
Tesis BAB II.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (802kB) |
![]() |
Text
Tesis BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (642kB) |
![]() |
Text
Tesis BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (510kB) |
![]() |
Text
Tesis BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (580kB) |
![]() |
Text
Tesis BAB VI.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (311kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (549kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka didesain untuk memfasilitasi peserta didik agar dapat mengembangkan potensi sesuai dengan minat dan bakat. Pembelajaran yang dapat mengakomodasi hal tersebut adalah Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran Berdiferensiasi juga disebut juga sebagai student centered learning. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah Problem Based Learning. Pembelajaran ini cocok diterapkan pada pelajaran Ilmu Pengetahun Alam dan Sosial (IPAS) karena IPAS memiliki nilai-nilai yang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu serta sikap peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungan. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi melalui model Problem Based Learning pada pelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam? (2) Bagaimana implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui model Problem Based Learning pada pelajaran IPAS di Kelas IV SDIT Nurul Islam? (3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui model Problem Based Learning pada pelajaran IPAS di Kelas IV SDIT Nurul Islam? Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif berjenis deskriptif. Peneliti mengambil data yang berasal dari dua sumber data, yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Beberapa hasil yang peneliti temukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Model Problem Based Learning dilakukan oleh guru dengan menyusun asesmen awal, membuat modul ajar, menyusun asesmen akhir dan menyiapkan media pembelajaran. (2) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Model Problem Based Learning dilakukan melalui pelaksanaan asesmen awal; memetakan minat dan kesiapan belajar peserta didik; mengorientasi peserta didik terhadap masalah; mengorganisasi peserta didik untuk belajar; membimbing penyelidikan individual maupun kelompok (diferensiasi konten dan proses); mengembangkan dan menyajikan hasil karya (diferensiasi produk); serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (3) Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Model Problem Based Learning dilalukan melalui pelaksanaan asesmen akhir dan pencatatan masalah yang dihadapi guru selama melakukan pembelajaran sebagai dasar untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mardhiyati Ningrum |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:40 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |