PERAN PENGURUS MAJELIS MUSYAWARAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADIIN DALAM MENUMBUHKAN BELAJAR MANDIRI SISWA DI MADRASAH HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI

M. NIDHOMUDDIN ZAHID ASY’ARI, NIDHOMUDDIN (2024) PERAN PENGURUS MAJELIS MUSYAWARAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADIIN DALAM MENUMBUHKAN BELAJAR MANDIRI SISWA DI MADRASAH HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover_watermark.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Abstrak_watermark.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Daftar Isi_watermark.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Bab 1_watermark.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Bab 2_watermark.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3_watermark.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Bab 4_watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5_watermark.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_watermark.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran_watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran siswa mulai digalakkan di berbagai sekolah sebagai pelaksanaan program menteri pendidikan. Dalam pembelajaran di era kini, guru tidak hanya sebagai pember informasi, namun sebagai pengarah dan pembimbing proses pembelajaran siswa. Sehingga pembelajaran lebih didominasi oleh kemandirian siswa dalam mengumpulkan pengetahuan dan informasi Program ini secara tidak langsung menuntut agar siswa mampu belajar mandiri dengan pendampingan dari guru. Oleh karena itu, kemampuan dan kecakapan dalam belajar mandiri sudah tentu mutlak dibutuhkan oleh setiap siswa. Karena tanpa kemampuan tersebut, jargon “guru sebagai fasilitator” tidak akan bisa berjalan sebagaimana semestinya. Dari uraian diatas maka dapat peneliti dapat merumuskan beberapa masalah, antara lain: 1. Bagaimana peran M3HM dalam menumbuhkan belajar mandiri siswa di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo, 2. Bagaimana realisasi program kegiatan yang dilaksanakan M3HM dalam menumbuhkan belajar mandiri siswa di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo, 3. Apa saja faktor pendukung dan kendala yang dihadapi M3HM dalam menumbuhkan belajar mandiri siswa di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang membahas tentang organisasi M3HM yaitu organisasi siswa sekolah setingkat OSIS yang berperan dalam menumbuhkan kemampuan belajar mandiri siswa. Pengumpulan data menggunakan tektik observasi, dokemantasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data dan reduksi data. Hasil penelitian yaitu: 1. Organisasi M3HM memiliki beberapa peran dalam menumbuhkan belajar mandiri siswa Madrasah Hidayatul Mubtadiin. 2. Realisasi program yang dijalankan oleh M3HM dalam menumbuhkan belajar mandiri siswa Madrasah Hidayatul Mubtadiin. 3. Kendala yang dialami serta faktor pendukung yang ditemukan oleh organisasi M3HM dalam berperan menumbuhkan belajar mandiri siswa Madrasah Hidayatul Mubtadiin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 050 Majalah, jurnal dan serial > 050 Terbitan berseri, berkala umum, publikasi umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:24
Last Modified: 19 Aug 2025 03:24
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item