Penerapan metode Sorogan dan Tartilan dalam meningkatkan minat menghafal di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Quran Lirboyo Kota Kediri

Asna, Dzuriyatul (2024) Penerapan metode Sorogan dan Tartilan dalam meningkatkan minat menghafal di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Quran Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (414kB)

Abstract

Salah satu upaya dalam menjaga kemurnian dan keaslian Al-Qur’an adalah dengan menghafalkannya. Untuk meningkatkan minat dalam menghafal Al-Qur’an, diterapkan metode sorogan dan tartilan yang melalui berbagai tahapan agar santri mampu melafalkan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid, makhraj, serta sifat-sifat huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan metode sorogan dan tartilan, pelaksanaan metode tersebut, serta evaluasinya di Pondok Pesantren Putri Tahfizhil Qur’an Lirboyo, Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari ketua pondok, pengurus, penyimak sorogan, serta sie. Pendidikan di pondok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: melalui perencanaan yang maksimal, santri mampu memahami makhraj huruf, sifat-sifat huruf, serta menguasai tajwid dengan lebih baik. Dalam pelaksanaan yang disiplin, santri dapat menerapkan cara baca sesuai makhraj dan sifat huruf berdasarkan buku panduan Fashohatul Huruf. Evaluasi menunjukkan bahwa santri mampu membaca dan menghafal dengan intonasi yang stabil, yang terlihat saat santri menyetorkan hafalan kepada penyimak maupun ketika ujian dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:37
Last Modified: 07 Aug 2025 02:37
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item