Penerapan metode tanya jawab terhadap hasil belajar Santri melalui pembelajaran Sejarah Islam di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri

Mukaromah, Nurul Hidayatul (2024) Penerapan metode tanya jawab terhadap hasil belajar Santri melalui pembelajaran Sejarah Islam di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (491kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)

Abstract

Minimnya respons santri selama proses pembelajaran menyebabkan mereka mudah merasa jenuh dan bosan. Hal ini berdampak pada kurangnya fokus belajar dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Sebagai pengajar, penting untuk memilih metode pembelajaran dan pendekatan yang mampu membangkitkan semangat, menumbuhkan rasa tanggung jawab, serta meningkatkan hasil belajar santri. Di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-aat Lirboyo Kediri, metode yang digunakan antara lain ceramah, musyawarah, sorogan, dan kadang-kadang metode tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui penerapan metode tanya jawab, (b) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-aat Lirboyo Kota Kediri, dan (c) untuk mengetahui hasil belajar santri pada pelajaran Sejarah Islam di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan sumber data dari mustahiqqoh, munawwibah, dan santri. Teknik analisis data yang digunakan berfokus pada kriteria kredibilitas (derajat kepercayaan data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode tanya jawab diterapkan sebelum dan selama kegiatan belajar mengajar. Selama 30 menit pertama sebelum pelajaran dimulai, dilaksanakan kegiatan roisan atau musyawarah. (2) Evaluasi di madrasah ini dilakukan empat kali dalam setahun: Kwartal I dan III sebagai evaluasi harian (Tamrin), serta Kwartal II dan IV sebagai persiapan ujian semester. (3) Hasil belajar santri menunjukkan bahwa dari 41 siswi, sekitar 70% telah menunjukkan peningkatan hasil belajar melalui jawaban mereka dalam pertanyaan spontan maupun evaluatif yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 27 May 2025 03:54
Last Modified: 27 May 2025 03:54
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item View Item