Isnaini, St. (2024) Peran ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman Santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (667kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kitab kuning merupakan salah satu sistem nilai dalam kehidupan pesantren. Oleh karena itu, pembelajaran dan pengkajian kitab kuning menjadi prioritas utama serta menjadi ciri khas pondok pesantren. Kitab kuning memiliki peran substansial sebagai rujukan utama dalam mendalami ilmu agama Islam dan membentuk akhlak mulia. Untuk mencapai tujuan pendidikan pesantren, terdapat tiga komponen penting yang harus diperhatikan, yaitu kurikulum (apa yang ingin dicapai), pembelajaran (bagaimana mencapainya), dan evaluasi (apa yang telah dicapai). Ketiga komponen ini harus senantiasa hadir agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana pelaksanaan ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri? (2) Bagaimana sistem ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman santri terhadap kitab kuning di madrasah tersebut? (3) Bagaimana implikasi bagi santri setelah mengikuti ujian baca kitab? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan ujian baca kitab sebagai bentuk evaluasi pemahaman santri terhadap kitab kuning. (2) Untuk mengetahui sistem yang digunakan dalam ujian baca kitab. (3) Untuk mengetahui dampak atau perubahan yang terjadi pada santri setelah mengikuti ujian baca kitab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ujian baca kitab di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at dilaksanakan dalam dua gelombang: gelombang pertama untuk tingkat Ibtidaiyyah dan Tsanawiyah, serta gelombang kedua untuk tingkat Aliyah. Sistem penyajian kitab kuning disesuaikan secara klasikal berdasarkan tingkat kelas. Implikasi dari pelaksanaan ujian ini terhadap siswi meliputi: peningkatan mental, rasa percaya diri, keberanian, serta kemampuan dalam menerapkan gramatika Arab (nahwu dan shorof) saat membaca kitab gundul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Lulusan 2024-UIT |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:59 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |