Salim Faroghy, Muhammad (2022) Relevansi pemikiran Ary Ginanjar Agustian dengan pendidikan pondok pesantren. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
1. Sampul skripsi.pdf Download (63kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (433kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (445kB) |
|
Text
7. Bab I.pdf Download (697kB) |
|
Text
8. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
|
Text
9. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
Text
10. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text
11. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (556kB) |
Abstract
Untuk menciptakan manusia unggul maka diperlukan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Salah satu konsep yang memiliki nilai pendidikan yang baik di dalamnya ialah konsep Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang dicetuskan oleh Ary Ginanjar Agustian. Selain itu, terdapat pula pendidikan khas Indonesia yang terbukti dapat memberikan hasil positif terhadap peserta didiknya, yakni pendidik di pondok pesantren. Pendidikan dalam konsep ESQ dan pendidikan di pondok pesantren dapat memberikan gambaran bagaimana metode pendidikan yang baik guna menciptakan manusia unggul. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana Pemikiran Ary Ginanjar dan Konsep Pendidikan Pesantren? (2) Bagaimana Relevansi Pemikiran Ary Ginanjar Dengan Pendidikan Pondok Pesantren? Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Adapun penelitian kepustakaan ialah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku refrensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Selanjutnya data dianalisis dengan metode interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penulis menemukan bahwa pendidikan yang terdapat dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian memiliki tujuan utama yakni menanamkan pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral demi terciptanya karakter yang baik. Selanjutnya ditemukan relevansi pada prisinsip yang terdapat dalam konsep ESQ dengan pendidikan pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Muhammad Salim Faroghy |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:51 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:51 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/287 |
Actions (login required)
View Item |