Ansori, Ach. Fawaid (2024) Penguatan Pendidikan Karakter melalui Program Habituasi Santri Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER DKK.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (468kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (650kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat sebuah tindakan yang bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah yang lebih baik sesuai dengan nilai-nilai. Dalam kehidupan di pondok pesantren penting adanya pendidikan karakter, supaya dipelajari dan di terapkan para santri untuk menjadikan santri berkarakter, berwatak, tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian dan akhlak yang baik dalam menempuh ilmu di pondok pesantren ataupun hidup di masyarakat nantinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Habituasi Santri Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kota Kediri dan bagaimana efektivitas Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Habituasi Santri Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Habituasi Santri Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kota Kediri dan mengetahui efektivitas Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Habituasi Santri Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua pondok, pengurus dan santri, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Habituasi Santri Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat hasil yaitu penguatan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kota Kediri adalah untuk melatih siswa menjadi lebih baik dalam budi pekerti, akhlak, moral, gotong royong, dan semangat belajar. Pendidikan ini memupuk kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, mengembangkan iman, etika, keterampilan interpersonal, serta pencarian kebahagiaan, Program habituasi (pembiasaan) pagi ini tetap efektif dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Pengurus pondok mendukung program ini dengan variasi kegiatan, inovasi, dan motivasi berkelanjutan diperlukan untuk menjaga konsistensi dan efektivitas program habituasi (pembiasaan) pagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 28 May 2025 03:20 |
Last Modified: | 28 May 2025 03:20 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |