Implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri

Ramadan, Marcelino Vier (2024) Implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) sebagai bagian integral dari Kurikulum Merdeka di madrasah. MAN 1 Kota Kediri, sebagai salah satu madrasah yang baru menerapkan P5 PPRA pada tahun ajaran 2023/2024, menjadi objek penelitian yang menarik untuk mengkaji bagaimana konsep P5 PPRA diterapkan dalam konteks pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran komprehensif tentang proses implementasi P5 PPRA, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam proses implementasi Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MAN 1 Kota Kediri yang dimulai dari tahap perencanaan hingga evaluasi. Untuk mengetahui Implementasi Profil Pelajar berdasarkan teori pengembangan kurikulum Ralph W. Tyler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumentasi. Sumber data primer meliputi waka kurikulumdan ketua tim fasilitator. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan P5 PPRA diawali dengan workshop implementasi Kurikulum Merdeka, pembentukan tim fasilitator, dan penyusunan modul ajar yang mencakup tiga tema utama. Pelaksanaan P5 PPRA menggunakan pendekatan kokurikuler dengan alokasi waktu 20-30% dari jam pelajaran reguler, melibatkan kegiatan-kegiatan seperti pemilihan ketua OSIS, lomba fashion show adat daerah, dan pembuatan produk makanan lokal. Evaluasi PPRA melibatkan penilaian proyek siswa dan kinerja guru pendamping, dengan hasil dicatat dalam laporan khusus terpisah dari laporan akademik reguler. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi PPRA di MAN 1 Kota Kediri telah berjalan sesuai panduan, namun masih memerlukan optimalisasi dalam beberapa aspek untuk meningkatkan efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Profil Pelajar, Rahmatan Lil Alamin
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ahdatun nasibah
Date Deposited: 23 Aug 2025 04:53
Last Modified: 23 Aug 2025 04:53
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item