Suhandika, Ahmad Fuad (2024) PUNISHMENT REWARD BEHAVIORISTIK DALAM MEMBENTUK LEARNING OUTCOMES (STUDI DI MA DARUN NAJAH MOROWALI SULTENG). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti.
![]() |
Text
cover dkk.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (265kB) |
Abstract
Dalam lingkungan pendidikan, penggunaan punishment dan reward sangat umum. Reward digunakan untuk memperkuat perilaku positif, seperti kedisiplinan, kejujuran, atau kerja keras. Sebaliknya, punishment digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan perilaku negatif, seperti ketidakpatuhan atau perilaku destruktif. Namun, dalam teori behavioristik, ada juga perhatian terhadap penggunaan punishment yang berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping negatif, seperti ketakutan atau kebencian terhadap sumber hukuman. Oleh karena itu, para pendidik dan pelatih sering dianjurkan untuk lebih fokus pada penguatan positif untuk membentuk perilaku yang diinginkan. Penelitian ini focus pada masalah 1) bagaimana penerapan punishment dan reward dalam perspektif teori behavioristik? 2) bagaimana implementasi punishment dan reward dalam membentuk learning outcomes (hasil belajar) di Madrasah Aliyah (MA) Darun Najah? 1)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan punishment dan reward dalam prespektif behavioristik. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Punishment dan Reward dalam membentuk Learning Outcomesdi MA Darun Najah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif, yang kemudian dianalisis untuk menemukan makna dan merekonstruksi konsep berdasarkan teori empiris yang telah dipaparkan dalam landasan teoretik dan kajian pustaka pada bab II. Peneliti mengamati, menggambarkan, dan menjelaskan tentang penerapan punishment dan reward behavioristik dalam membentuk learning outcomes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan punishment dan reward berdampak signifikan terhadap learning outcomes siswa di MA Darun Najah.Guru yang memberikan stimulus berupa hukuman atau penghargaan dapat meningkatkan keberhasilan belajar siswa dan mengurangi pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi punishment dan reward yang diterapkan dengan tepat dapat menjadi tolok ukur keberhasilan belajar di MA Darun Najah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Moh Fadli fadli |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:56 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:56 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |