Implementasi metode PECS (Picture Exchange Communication System) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis di SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri

Fitriyyah, Lailatul (2024) Implementasi metode PECS (Picture Exchange Communication System) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis di SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

PECS (Picture Exchange Communication system) merupakan salah satu media kartu bergambar yang tujuan nya mengajak dan membimbing anak yang mengalami kesulitan dalam komunikasinya. Media ini cocok di berikan pada anak berkebutuhan khusus seperti individu autisme. SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri merupakan salah satu lembaga yang menerapkan media kartu bergambar selama proses pembelajaran berlangsung. Dari uraian di atas dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana kemampuan komunikasi pada anak autis di SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri?(2) Bagaimana implementasi metode PECS dalam meningkatkan komunikasi pada anak autis di SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri? Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan), penentuan subjek menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data : Observasi, wawancara, kajian pustaka. Dengan subjek penelitian seorang siswa autis kelas 2 di SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Kemampuan komunikasi pada anak autis di SLB Bhakti mengalami kesulitan dari aspek kejelasan anak belum mampu mengucapkan kata dengan jelas, dari aspek ketepatan anak belum mampu menjawab atau melakukan perintah dengan benar dan aspek etika anak belum mampu berkomunikasi dengan sopan ketika berhadapan dengan lawan bicara nya. (2)Implementasi metode PECS di SLB Bhakti Pemuda di lakukan sesuai dengan fase yang ada di PECS yaitu Fase 1-6. Setelah di terapkan PECS anak mampu untuk berkomunikasi dengan terpenuhi dua aspek yaitu : a) aspek kejelasan : anak mampu mengucapkan kata dengan jelas seperti “aku ingin”. b) aspek ketepatan : anak mampu menjawab atau melakukan perintah dengan benar. Namun pada aspek etika anak belum mampu berkomunikasi dengan sopan terhadap lawan bicara nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 27 May 2025 04:01
Last Modified: 27 May 2025 04:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item