INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KIAI SYARIFUDDIN WONOREJO LUMAJANG

Kafi, Mukhammad Ali (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KIAI SYARIFUDDIN WONOREJO LUMAJANG. Masters (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI KEDIRI.

[img] Text
COVER I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (867kB)

Abstract

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri atas berbagai suku, agama, etnis, budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Keanekaragaman tersebut terdapat diberbagai wilayah yang tersebar dari Sabang sampai Meraoke. Setiap warga negara Indonesia berkewajiban menjaga keanekaragaman tersebut dengan menjunjung tinggi dasar negara Indonesia dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa. Melihat fenomena yang ada serta merujuk pada penelitian terdahulu masih banyak peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan terjadi di lingkungan sekitar kita saat ini. Maka dari itu perlu adanya internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural. Dari uraian di atas, terdapat tiga fokus yang dikaji dalam tesis ini, yaitu (1) bagaimana proses transformasi nilai pendidikan multikultural di pondok pesanntren Kiai Syarifuddin Wonorejo Lumajang? (2) bagaimana proses transaksi nilai pendidikan multikultural di pondok pesantren Kiai Syarifuddin Wonorejo Lumajang? (3) bagaimana proses trans-internalisasi nilai pendidikan multikultural di pondok pesantren Kiai Syarifuddin Wonorejo Lumajang?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif, Subjek penelitian terdiri dari ketua pondok, pengurus, pendidik, dan santri, Teknik pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) proses transformasi nilai ini pendidik menggunakan pendekatan untuk mengenalkan kepada santri nilai-nilai yang baik dan buruk. (2) proses transaksi nilai ini pendidik melakukan komunikasi dua arah atau interaksi antara santri dan pendidik yang bersifat timbal balik. (3) proses trans-internalisasi nilai ini pendidik dihadapan santri bukan lagi sosok fisiknya, melainkan sikap kepribadiannya atau komunikasi kepribadian atau mental yang berperan secara aktif. Dalam proses ini pendidik selalu memberikan contoh nilai-nilai yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 20 May 2025 04:52
Last Modified: 20 May 2025 04:52
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item