Pembiasaan shalat dhuhur berjama'ah untuk membentuk karakter religius siswa (studi kasus di MIN 1 kota Kediri)

Syafitri, Nia Zuhriana (2024) Pembiasaan shalat dhuhur berjama'ah untuk membentuk karakter religius siswa (studi kasus di MIN 1 kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
NIA COVER SKRIPSI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
NIA ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
NIA DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
NIA BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
NIA BAB II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
NIA BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
NIAA BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
NIAA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Salah satu misi yang diemban Rasulullah Saw sebagai Rasul ialah menyempurnakan akhlak yang mulia. Dalam sistem pendidikan Islam misi akhlak tersebut diwujudkan melalui proses pembentukan karakter religius siswa. Strategi guru merupakan komponen yang sangat penting dalam pembentukan karakter religius. Dalam rangka membangun karakter religius siswa dalam diri peserta didik, guru MIN 1 Kota Kediri membangun budaya sekolah yang positif, seperti pembiasaan shalat berjamah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam motivasi peserta didik agar tumbuh kesadarannya untuk melaksanakan shalat fardhu berjamaah di MIN 1 Kota Kediri (2) Untuk mengetahui kendala-kendala guru dalam menanamkan kesadaran peserta didik untuk melaksanakan shalat fardhu berjamaah di MIN 1 Kota Kediri Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bagaimana upaya guru dalam memotivasi peserta didik agar tumbuh kesadarannya untuk melaksanakan shalat fardhu berjamaah di MIN 1 Kota Kediri diantaranya memberikan contoh teladan, edukasi pentingnya sholat berjama’ah, memberikan pendidikan yang menarik dan lingkungan yang mendukung . Adanya pembiasaan sholat berjama’ah yaitu untuk melatih para siswa agar lebih disiplin dan mempunyai rasa tanggung jawab dalam melaksanakan sholat wajib. 2) Apa kendala-kendala guru dalam menanamkan kesadaran peserta didik untuk melaksanakan shalat fardhu berjamaah di MIN 1 Kota Kediri yaitu komponen sekolah yang mendukung dan sarana pra sarana, dan khusunya dari orang tua murid yang memberikan motivasi kepada anaknya sehingga mau dan mampu untuk menjalankan pembiasaan yang telah ditetapkan oleh lembaga sekolah selain itu, kemauan siswa itu sendiri juga merupakan faktor penting sehingga mempunyai kesadaran diri Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dhuhur berjamaah di MIN 1 Kota Kediri berperan signifikan dalam membentuk karakter religius siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan dalam aspek-aspek seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerjasama. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat nilai-nilai spiritual dan sosial di kalangan siswa, yang berdampak positif pada perilaku mereka sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Dengan demikian, implementasi shalat dhuhur berjamaah dapat dianggap sebagai salah satu strategi efektif dalam pendidikan karakter religius di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:35
Last Modified: 02 Jun 2025 02:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item View Item