Pemikiran Pendidikan Karakter Prof. KH. Ahmad Yasin Asymuni Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim

Muhlisin, Muh. Nur (2024) Pemikiran Pendidikan Karakter Prof. KH. Ahmad Yasin Asymuni Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
PRA BAB.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (917kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia sedang mengalami banyak tantangan, ungkapan ini dibuktikan dengan berbagai fenomena yang terjadi akhir - akhir ini diantaranya : Pada tahun 2022, pengaduan yang masuk ke KPAI pada perlindungan khusus anak, dengan kategori tertinggi : anak korban kejahatan seksual berjumlah 833 kasus, anak korban kekerasan fisik dan/atau psikis 363 kasus, anak korban Eksploitasi dan Perdagangan Sebanyak 2.133, Kasus “Bullying” Siswa SMP di Cilacap dipicu karena korban gabung geng lain. Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk pribadi yang baik dan bertanggung jawab dalam masyarakat. Fokus Penelitian ini tertuju untuk mengetahui Karakter Pendidik, karakter peserta didik, Metode Pendidikan Karakter dan Materi Pendidikan Karakter yang di kehendaki oleh Prof. KH. Ahmad Yasin Asymuni dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim sebagai sumber utama. Kitab ini menguraikan prinsip-prinsip moral dan etika dalam Islam yang relevan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis isi kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim dan interpretasi teori pendidikan karakter menurut Prof. KH. Ahmad Yasin Asymuni. Data diperoleh melalui studi pustaka dan analisis dokumen yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prof. KH. Ahmad Yasin Asymuni mengemukakan konsep-konsep seperti akhlak, adab, dan kesadaran moral sebagai bagian integral dari pendidikan karakter. Pertama: karakter Pendidik diantaranya: Ikhlas tanpa pamrih, Muroqobah, Nashrul Ilmi, Muru’ah dan Konsisten dalam disiplin ilmu dan implementasi. Kedua: Karaker Peserta Didik diantaranya: Mensucikan hati, niat yang tulus, memanfaatkan masa muda, Qona’ah dan bijak mengatur waktu serta Wara’. Ketiga: Materi Pendidikan Karakter diantaranya memprioritaskan al-Qur’an, mentashhih sebelum menghafalkan, mengembangkan diri dengan Muthola’ah dan menghafal serta menjaga tata karma. Keempat: Metode Pendidikan karakter diantaranya: melazimkan suci dari hadas kecil dan besar, menghormati para pencari ilmu.dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim mencakup pembentukan akhlak mulia, penanaman nilai-nilai moral, serta pengembangan sikap bertanggung jawab dan empati terhadap sesama. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya pemahaman tentang pendidikan karakter dalam konteks keislaman, serta memberikan landasan teoritis yang dapat dijadikan acuan dalam implementasi pendidikan karakter di lembaga Pendidikan Islam maupun umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:33
Last Modified: 19 Aug 2025 02:33
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item