KESIAPAN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM RAMAH ANAK DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSA'ADAH KOTA KEDIRI

MALIK, MUHAMMAD ASHAR ABDUL (2024) KESIAPAN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM RAMAH ANAK DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSA'ADAH KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI.

[img] Text
cover sampe pedoman transilasi tanpa WM.pdf

Download (324kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (669kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (761kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (781kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (701kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (608kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (679kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam yang memiliki peran penting dalam pendidikan dan pengembangan karakter anak-anak. Akan tetapi, akhir-akhir ini marak terjadi kekerasan di pondok pesantren baik santri yang seumuran atau dengan santri senior. Melihat hal tersebut, pemerintah mengeluarkan sebuah solusi yakni program pesantren ramah anak. Salah satu upaya penting yang perlu dilakukan oleh pesantren adalah pengembangan program ramah anak. Pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo merupakan salah satu pondok pesantren yang sebagian besar santrinya adalah anak-anak. Dari fokus uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana kebijakan pemerintah tentang pesantren ramah anak. 2) Bagaimana kesiapan pondok pesantren dalam program pesantren ramah anak di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussa'adah Kota Kediri Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Suatu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan sebuah fenomena yang terjadi di Pondok Pesantren Darussa’adah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tiga tahapan yakni : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu : 1) Kebijakan pemerintah tentang program ramah anak akan menyelesaikan banyak kasus kekerasan di pondok pesantren. Program ini juga tidak bertentangan dengan beberapa undang-undang sebelumnya. Program ramah anak di berbagai sektor, termasuk di lembaga pendidikan seperti pondok pesantren,. Kebijakan pemerintah yang mendukung program ramah anak memberi institusi landasan hukum dan pedoman untuk memprioritaskan kesehatan, pendidikan, dan perlindungan anak. Pemerintah berusaha untuk memastikan keberhasilan program ini melalui tindakan konkret seperti penyediaan anggaran, pelatihan guru, dan penguatan infrastruktur. 2) kesiapan yang baik dalam mengembangkan program Pesantren Ramah Anak. Hubungan yang positif antara pendidik dan santri menjadi dasar utama, di mana ada komunikasi terbuka, kepercayaan, dan pengertian yang saling mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:56
Last Modified: 14 May 2025 03:56
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item