Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Ketahanan Bencana Perspektif Fikih Ekologi

Aynut, Dhobit (2023) Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Ketahanan Bencana Perspektif Fikih Ekologi. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
TESIS. Desain Kurikulum (Suda Revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan agama berperan penting dalam meluruskan pemahaman- pemahaman yang keliru mengenai fenomena bencana. Untuk itu, materi-materi pendidikan agama seharusnya memberikan cara pandang yang holistic tentang bagaimana menyikapi fenomena bencana dengan perspektif yang lebih progresif. Sikap religius yang menjadi tujuan utama dari pendidikan agama harus diterjemahkan kedalam konteks yang lebih nyata. Bahwa untuk menjadi muslim yang kaffah, seseorang harus mau tunduk pada keselarasan ayat-ayat qur'aniyah (aturan dalam qur'an dan hadits), kauniyah (aturan alam) dan insaniyah (aturan manusia) untuk menjaga eksistensinya. Di sinilah letak pentingnya pendidikan Islam berwawasan kebencanaan, yakni untuk meluruskan persepsi yang salah tentang hakikat bencana. Bencana memang sebuah sunnatullah, namun bukan berarti manusia lepas tanggung jawab atas terjadinya bencana. Bencana bukan area hitam-putih, yang menunjukkan siapa yang dihukum dan yang selamat dari hukuman tersebut. Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan peneliti sebagai berikut (1) Bagaimana kurikulum pendidikan Islam bewawasan tahan bencana perspektif fiqh ekologi? (2) Bagaimana kurikulum pendidikan Islam bewawasan tahan bencana perspektif fiqh ekologi masyarakat lereng gunung Kelud Laharpang Puncu Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Sementara untuk analisis data peneliti menggunakan teknik analisis model alur yang meliputi; reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, yaitu: (1)Kurikulum pendidikan Islam berbasis tahan bencana sangat relevan terhadap lembaga pendidikan formal, non formal maupun informal. Lembaga pendidikan formal melalui program SPAB dan Lembaga non formal atau masyarakat secara umum melalui pendekatan fiqh ekologi, (2) Kurikulum pendidikan agama islam berbasis ketahanan bencana masayarakat lereng gunung Kelud Laharpang Puncu Kediri secara implementatif terangkum pada pemanfaatan lingkungan yang dikuatkan dengan pemahaman keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kanzul fik 2023 uit
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:37
Last Modified: 03 Sep 2024 04:37
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item