IMPLEMENTASI METODE ARBA'IN DALAM MENINGKATKAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK AL-ARBA'IN TLOGOREJO WONOSALAM DEMAK

MUHAMAD, RIFAL FADILAH (2022) IMPLEMENTASI METODE ARBA'IN DALAM MENINGKATKAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK AL-ARBA'IN TLOGOREJO WONOSALAM DEMAK. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
cover dan halaman judul-1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
cover dan halaman judul-1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk mencapai kualitas sumber daya manusia. Salah satu usaha untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan melalui proses pembelajaran baik lembaga formal maupun non formal. Tentunya didalam proses pembelajaran harus harus adanya seorang pengajar karena maju mundurnya suatu pendidikan dilihat dari seberapa mampu pengajar dalam menyampaikan pelajaran seraya di bantu oleh suatu metode terlebih dalam mempelajari cara membaca kitab kuning yang baik dan benar sesuai kaidahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mengetahui implementasi metode arba’in dalam meningkatkan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren AlMubarok Al-Arba’in Tlogorejo Wonosalam Demak. 2). Mengetahui dampak metode arba’in dalam meningkatkan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren AlMubarok Al-Arba’in Tlogorejo Wonosalam Demak. Dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang meliputi dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan subjek yang di wawancarai meliputi pengasuh pondok pesantren almubarok, santri diklat, santri takhosuss arba’in di pondok al-mubarok al-arba’in. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) implementasi metode arba’in dilakukan 7 kali dalam sehari dengan membawa kitab al-arba’in fii nahwi wa shorfi walughot yang di ajar langsung oleh Kh. Muharror Khudlori Ahmad sebagai pencetus metode arba’in. 2). Implementasi metode arba’in ini sangat berdampak baik dalam meningkatnya membaca kitab kuning di pondok pesantren al-mubarok alarba’in. terutama bagi santri yang mengikuti takhosuss arba’in selama 40 hari dan para santri yang masih di bawah umur 15 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 200 Agama > 208 Sumber-sumber umum agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:22
Last Modified: 14 May 2025 03:22
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item