IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MTS RAUDLATUT THALABAH KEDIRI

Afif Athaillah, AA (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MTS RAUDLATUT THALABAH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitass Islam Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)

Abstract

AFIF, ATHAILLAH, 2023 : Implementasi Nilai-Nilai Kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim dalam Pembentukan Akhlak Siswa di MTs Raudlatut Thalabah Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Yasin Nurfalah, M.Pd.I Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter dan kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim Di era zaman sekarang ini banyak siswa yang memiliki kelakuan kurang baik, di sekolah, maupun di luar sekolah, berperilaku kurang sopan terhadap guru, orang tua, ataupun teman-temannya. Tidak sedikit siswa yang bolos pelajaran, meninggalkan kegiatan-kegiatan di sekolah, dan juga melanggar peraturan sekolah. Hal tersebut merupakan efek dari minimnya suatu akhlak dari siswa itu sendiri. Pembentukan akhlak adalah usaha nyata sebagai solusi dalam membentuk asfek fiqhiyah, ruhiyah dan jasadiyah siswa sehingga menjadi unggul dan berakhlak mulia. Karena itu pembentukan akhlak sangat penting untuk dikembangkan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Di zaman yang serba modern saat ini kebanyakan diantara mereka hanya mengandalkan otak tanpa memperhatikan masalah akhlak dan moral, maka pendidikan pembentukan karakter sangat berperan dalam merubah pola fikir siswa yang lalai dalam masalah pendidikan. Dengan adanya kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim yang di dalamnya terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dapat mencetak siswa agar memiliki kepribadian yang baik dan berakhlakul karimah. Dalam kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim peneliti menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak/karakter yang terkandung dalam kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim? 2) Bagaimana konsep penerapan nilai-nilai kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Raudlatut Thalabah Kediri? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak/karakter yang terkandung dalam kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim (2) Konsep penerapan nilai-nilai kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Raudlatut Thalabah Kediri. Metode penelitian yg digunakan adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Raudlaatut Thalabah Kediri. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi dengan dua modus yaitu sember data dan metode ganda. xv Dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak/karakter di dalam kitab tersebut adalah mengedepankan tentang ilmu dan akhlak, rasa tanggung jawab, kedisiplinan, ketekunan, kejujuran, kecerdasan, peduli antar sesama, beriman, bertaqwa, pantang menyerah, bersikap ramah, saling tolongmenolong, saling menghargai dan sebagainya. Adapun konsep penerapan nilai-nilai kitab Adabul „Alim wal Muta‟allim dalam pembentukan akhlak siswa karya KH. Muhammad Hasyim Asy‘ari yaitu: 1) Etika Seorang Siswa terhadap Dirinya Sendiri 2) Etika Seorang Siswa terhadap Guru 3) Etika Seorang Siswa terhadap Pelajaran 4) Etika Seorang Siswa terhadap Kitab

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Afif Athaillah
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:15
Last Modified: 12 Aug 2024 03:15
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1890

Actions (login required)

View Item View Item