Kreativitas guru pai dalam memanfaatkan media pembelajaran realia (nyata) pada kurikulum merdeka di smp islam terpadu al mubarok kras kediri

Millah, Asep Saepul (2023) Kreativitas guru pai dalam memanfaatkan media pembelajaran realia (nyata) pada kurikulum merdeka di smp islam terpadu al mubarok kras kediri. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Tesis Asep Saepul Millah Full .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isu utama dalam sistem pendidikan Indonesia melibatkan permasalahan mutu. Mutu pembelajaran dapat diamati dari dua aspek yang memiliki signifikansi yang sama, yaitu dari segi proses dan hasil belajar. Pengguanaan media pembelajaran sangat dibutuhkan bagi seorang guru, sebagai bentuk kreativitas dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik. Sebagiamana yang telah dilakukan oleh guru di SMP Islam Terpadu al Mubarok Kras Kediri. Guru Pendidikan Agama Islam yang ada di lembaga tersebut menggunakan media realia dalam proses pembelajarannya. Dari uraian diatas maka peneliti dapat memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut; (1) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam memanfaatkan media pembelajaran realia pada kurikulum merdeka di SMP Islam Terpadu al Mubarok Kras Kediri? (2) Bagaimana bentuk evaluasi media pembelajaran realia pada kurikulum merdeka bagi peserta didik di SMP Islam Terpadu al Mubarok Kras Kediri? (3) Bagaimana tindak lanjut dari hasil evaluasi media pembelajaran realia pada kurikulum merdeka bagi peserta didik di SMP Islam Terpadu al Mubarok Kras Kediri? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti akan mengamati, menggambarkan, dan menjelaskan kreativitas guru PAI dalam memanfaatkan media pembelajaran realia (nyata) pada kurikulum merdeka yang ada di di SMP Islam Terpadu al Mubarok Kras Kediri. Hasil dari penelitian ini adalah Guru PAI di SMP Islam Terpadu al Mubarok Kras Kediri memiliki kreativitas dalam memanfaatkan media pembelajaran realia (nyata), yaitu (1) dengan menggunakan benda nyata, pembelajaran di alam (outdoor) dan penggunaan media visual (video). (2) Evaluasi penggunaan media pembelajaran realia pada Kurikulum Merdeka di SMP Islam Terpadu al Mubarok Kras Kediri, yaitu dengan mempertahankan penggunaan media realia pada pelajaran PAI karena dinilai dapat memberikan pengaruh besar dalam membantu siswa memahami materi. Kemudian, mempersiapkan lebih matang media realia yang akan digunakan, agar waktu pembelajaran dapat lebih efisien. (3) Tindak lanjut dari evaluasi memanfaatkan media pembelajaran realia (nyata) di SMP Islam Terapdu al Mubarok Kras Kediri ialah dengan melaksanakan pembelajaran di alam secara berkala. Dan judul pembahasan yang tidak ditemukan benda nyatanya, diganti dengan metode praktek.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:20
Last Modified: 15 Aug 2024 04:20
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item